Lihat ke Halaman Asli

Apakah Orang Nias Banyak yang Bisa Menulis dan Baguskah?

Diperbarui: 17 Oktober 2024   00:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apakah orang Nias banyak yang bisa menulis dan baguskah?

Oleh : Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, Kamis, 17 Oktober 2024

Nias merupakan salah satu pulau yang ada di Indonesia dan secara administrasi termasuk ke dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Pulau Nias pada saat ini terdiri dari 1 kota dan 4 kabupaten, dimana kotanya adalah Kota Gunungsitoli, sedangkan kabupatennya adalah Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara. Nias juga merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia, yang disebut sebagai suku Nias, dengan bahasa daerah disebut sebagai bahasa Nias. Pembeda atau tanda bahwa seseorang itu orang Nias, salah satunya dapat di lihat dari namanya, dimana orang Nias di akhir namanya ada yang disebut sebagai Marga. Marga orang Nias itu ada banyak sekali, baik itu Telaumbanua, Zega, Zebua, Zai, Mendrofa, dan lain sebagainya, yang mana jika di nama seseorang ada tulisan salah satu marga itu maka bisa di pastikan bahwa orang itu adalah orang Nias. Hal tersebut terjadi karena hanya orang Nias yang memiliki marga tersebut. Cuma disini, penulis tidak dapat menyebut seluruh marga yang ada di Nias karena sangat banyak sekali dan penulis tidak memiliki referensi terkait apa saja marga yang ada di Nias itu secara lengkap dan detail.

Orang Nias yang menjadi penulis atau yang pernah menulis, salah satunya adalah menulis sebuah buku, bisa dikatakan tidak terlalu banyak sekali. Memang ada orang Nias yang menulis buku, tapi tidak terlalu banyak sekali. Salah satu yang menulis buku termasuk saya sendiri yang telah menulis 11 buah buku solo dan lebih dari 30 buah buku antologi, dengan nama pena atau penulis dulu adalah Trygu, kemudian diubah menjadi Try Gunawan Zebua. Kalau yang lain, misalnya Yeheskiel Zebua yang menulis buku Rocket Marketing, Eloy Zalukhu yang menulis buku life success triangle, Andrias Harefa yang menulis buku Mindset Therapy, dan orang Nias lainnya. Orang Nias ada yang bukan hanya menulis satu buku saja, bahkan lebih dari 20 buah buku. 

Lantas, apakah orang Nias banyak yang bisa menulis dan baguskah?

Orang Nias banyak yang bisa menulis dan tulisannya bisa dikatakan bagus sekali. Saat saya dulu praktek mengajar di salah satu sekolah di Nias, bertemu dengan beberapa orang yang sampai mendirikan komunitas untuk penulis di Nias, membimbing dan menjadi pembawa materi tentang menulis di salah satu sekolah di Nias, dan bahkan bertemu dan berbincang dengan salah seorang orang Nias yang mau membuat kegiatan menulis,  saya menemukan orang-orang Nias, apalagi yang masih berusia muda, banyak yang ternyata yang menghasilkan tulisan yang bagus sekali. Saat saya melihat dan membaca tulisan-tulisan mereka itu lumayan bagus. Saya melihat mereka itu berpotensi menjadi penulis yang sukses. Cuma di Nias, komunitas yang mengadakan pertemuan dan pengajaran tentang menulis dimana saja, masih bisa dikatakan tidak ada sama sekali. Sempat ada komunitasnya, tetapi terdengar sudah bubar hingga saat ini. Pelatihan dan seminar tentang menulis pun di Nias, belum pernah saya dengar hingga saat ini yang bersifat umum atau publik, yang mana bisa di kunjungi oleh berbagai orang dari berbagai lembaga dan profesi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline