Lihat ke Halaman Asli

Siapakah Cinta Pertama Kita? Apakah itu Tuhan (Yesus)?

Diperbarui: 5 Januari 2023   20:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Siapakah Cinta Pertama Kita? Apakah itu Tuhan (Yesus)?

Oleh: Try Gunawan Zebua (Trygu)

Gunungsitoli, Kamis, 05 Januari 2023

Ini merupakan tulisan yang dari dulu saya ingin sekali menulisnya. Namun, entah kenapa terkadang saja ada alasan untuk malas atau menunda-nunda untuk menuliskannya. Bahkan saat menulis ini pun saya terkadang merasakan malas atau ingin menunda lagi untuk di tulis besok saja. Tapi, sekarang mau tidak mau, saya akan memaksakan diri sendiri untuk menyelesaikan tulisan ini menjadi sebuah tulisan artikel dan publish di kompasiana (selain di facebook di upload juga).

Inti dari tulisan ini adalah cinta. Apakah itu cinta tersebut?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi online, cinta adalah: 1). suka sekali; sayang benar, 2). kasih sekal; terpikat (antara laki-laki dan perempuan), 3). ingin sekali; berharap sekali; rindu, dan 4). susah hati (khawatir); risau. Jadi, ada banyak sekali defenisi atau pengertian dari cinta tersebut, dimana ada yang berupa suka sekali, sayang benar, kasih sekali, terpikat antara lawan jenis, ingin sekali, berharap sekali, rindu, susah hati (khawatir) dan bahkan risau.

Sehingga cinta tersebut bukan hanya antara lawan jenis, atau dengan kata lain bukan hanya antara laki-laki dan perempuan saja. Itu cuma 1 pengertian atau defenisi saja dari cinta. Bahkan cinta pun dapat membuat seseorang itu menjadi susah hati (khawatir) dan risau. Itu disebabkan misalnya karena orang yang di cinta meninggal dunia sehingga mengakibatkan defenisi atau pengertian dari cinta adalah merasa susah hati, khawatir dan risau, karena cinta dapat mewujudkan terjadinya hal tersebut. Serta berbagai defenisi dari cinta yang lain.

Jika kita memandang dari perkataan atau pernyataan yang mengandung kata cinta di dalamnya, misalnya: "Aku Cinta Padamu," "Aku benar-benar cinta padamu," "Kamu membuat ku jatuh cinta," "aku cinta kali dengan permainan ini, dimana dapat membuat saya mendapatkan hadiah yang banyak," serta berbagai perkataan atau pernyataan yang mengandung kata cinta di dalamnya. 

Cinta berarti bahwa suka atau tertarik, atau dengan kata lain terpikat dengan seseorang atau lawan jenis. Selain itu, cinta juga adalah tertarik atau suka dengan hal lain selain lawan jenis, yaitu misalnya pada permainan tertentu karena dapat membuat orang yang memainkannya mendapatkan hadiah yang banyak. 

Menambah semangat, gairah, atau hal-hal lainnya yang dapat meningkatkan bahkan itu hasil atau prestasi seseorang, entah itu dalam kaitannya dengan dunia kerja, bisnis, sekolah atau belajar, dan lain-lain sebagainya pada berbagai bidang kehidupan kita.

Cinta yang dikaitkan dengan belajar disebut sebagai cinta belajar, cinta yang dikaitkan dengan keluarga disebut sebagai cinta keluarga, cinta yang dikaitkan dengan uang disebut sebagai cinta uang, dan lain-lain sebagainya pada berbagai bidang atau hal dalam kehidupan kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline