Lihat ke Halaman Asli

Apakah Perencanaan itu Penting dan Haruskah?

Diperbarui: 7 Desember 2022   23:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apakah perencanaan itu penting dan haruskah?

Oleh: Try Gunawan Zebua (Trygu)

Gunungsitoli, 07 Desember 2022

Tulisan ini merupakan tulisan saya pribadi yang saya tuliskan karena terinspirasi saat saya sedang merencakan sesuatu dengan teman-teman saya, namun begitu saya sodorkan deretan perencanaan sepertinya ada yang merasa kesal atau terbebani, atau mungkin malah bingung. Menganggap perencanaan itu tidak penting atau tidak perlu dilakukan sama sekali. Mengingat atau mempertimbangkan hal tersebut, maka saya pun menghadirkan tulisan ini dengan topik yang sebenarnya tahun lalu telah saya tuliskan di hadapan sidang pembaca sekalian. Mungkin disana sini ada kesalahan, entah itu mulai dari kekurangan kata atau huruf, tulisan agak membingungkan atau rancu, dan lain-lain sebagainya yang tidak sesuai dengan pemikiran yang membaca atau tidak sesuai dengan struktur atau ketentuan penulisan, maka sebelumnya saya meminta maaf. Karena bagi saya pribadi tidak ada itu yang sempurna selain Tuhan Yesus yang merupakan satu-satunya dan pasti yang sempurna. Apa manfaat atau pelajaran positif dari tulisan saya dapat diambil, tetapi jika tidak bermanfaat atau mengarah ke negatif bisa juga di biarkan saja seperti hembusan angin yang berlalu saja. Selamat membaca dan semoga bermanfaat. Tuhan Yesus Memberkati.

Tulisan tentang perencanaan tersebut bukan merupakan tulisan saya yang baru  atau bukan merupakan hal yang baru. Kenapa? karena pada 12 Juni 2021, saya telah menuliskannya di kompasiana (khusus di kompasiana, lupa dengan menulis di grup menulis atau buku-buku antologi), dimana ditulis dengan judul: apakah penting sebuah perencanaan menurut ilmu manajemen, pendidikan dan teknik? (dapat dibaca lebih lanjut atau jelas melalui: https://www.kompasiana.com/trygunawanzebua2508/60c4c9d5d541df2aa87b3482/apakah-penting-sebuah-perencanaan-menurut-ilmu-manajemen-pendidikan-dan-teknik). Saya tidak akan menuliskan atau dengan kata lain tidak lagi copy-paste tulisan saya sebelumnya tersebut karena saya bisa jadi akan terkena yang namanya plagiat, kendatipun sebenarnya itu adalah tulisan saya sendiri. Hal tersebut terjadi karena dalam menulis di kompasiana ada maksimal sama tulisan kita presentasenya dengan tulisan oranglain dan bahkan tulisan kita sendiri di dunia digital atau elektronik.

Tulisan saya tersebut pada intinya yaitu tentang perencanaan menurut ilmu manajemen, pendidikan dan teknik, apakah perencanaan tersebut penting menurut ketiga buah bidang tersebut. Pada inti tulisan saya tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan itu dalam bidang manajemen, pendidikan dan teknik itu penting atau harus dilakukan. Ilmu manajemen, pendidikan dan teknik penting perencanaan tersebut karena merupakan suatu hal yang harus dilakukan sebelum melakukan manajemen, mendidikan, maupun mengeksekusi dalam bidang teknik. 

Defenisi atau pengertian dari perencanaan telah penulis tuliskan pada tulisan sebelumnya. Pada intinya perencanaan tersebut ada yang direncanakan, kemudian yang direncanakan tersebut dipertimbangkan dengan berbagai pertimbangan tertentu, dengan tujuan untuk mencapai target atau tujuan tertentu. 

Apakah jenis-jenis perencanaan itu?

Perencanaan yang dikaitkan dengan bidang pendidikan disebut sebagai perencanaan pendidikan, perencanaan yang dikaitkan dengan bidang politik disebut sebagai perencanaan politik, perencanaan yang dikaitkan dengan bidang ekonomi disebut sebagai perencanaan ekonomi, serta berbagai perencanaan pada berbagai bidang kehidupan lain karena berbagai bidang kehidupan di dunia ini pasti ada perencanaan atau bisa dilakukan perencanaan tertentu.

Apakah semua orang memiliki perencanaan? Jika tidak kenapa?

Tidak semua orang memiliki atau melakukan perencanaan tertentu. Kenapa? Mungkin karena merasa perencanaan tidak penting atau perencanaan tersebut tidak diketahui dengan jelas, termasuk itu manfaat atau fungsi dari perencanaan tersebut. Seolah-olah tidak berarti atau tidak penting sama sekali.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline