Lihat ke Halaman Asli

Buku Tertua atau Terbaru, Buku Luar Negeri atau Dalam Negeri, Manakah?

Diperbarui: 18 Oktober 2022   23:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Buku tertua atau terbaru, buku luar negeri atau dalam negeri, manakah?

Oleh: Try Gunawan Zebua (Trygu)

Gunungsitoli, 18 Oktober 2022

Tulisan ini merupakan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, dimana dengan mewawancarai beberapa dosen dan penulis karena ini terkait dengan yang disebut sebagai tulisan atau karya tulis. 

Dosen di pilih karena dosen adalah penulis dengan kesibukkan menghasilkan karya tulis apalagi yang ilmiah berupa hasil penelitian, sedangkan penulis dipilih karena berdasarkan pertimbangan profesi yang menghasilkan tulisan tersebut.

Tulisan ini dibuat karena didorong terkadang ada perdebatan yang terjadi antara suatu buku atau karya tulis yang tua dengan yang baru, maupun buku atau karya tulis yang berasal dari luar negeri dan dalam negeri. 

Ini bertujuan hanya untuk menambahkan referensi di bangsa kita dan bahkan di dunia, terkait hal sesuai dengan judul di atas.

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama, ada baiknya jika kita mulai membahas terlebih dahulu apa itu menulis.

Menulis adalah suatu kegiatan atau aktivitas menghasilkan sebuah tulisan, entah itu dalam waktu yang cepat, sedang, maupun waktu menulis yang lama. 

Menulis dapat dilakukan oleh siapapun tanpa terkecuali karena kita semua pasti dan memiliki kesempatan untuk dapat menulis atau menulis kan sesuatu. 

Menulis dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena menulis dapat kita lakukan saat di kantor, di rumah, maupun diberbagai tempat lain, sedangkan kapan saja kita dapat menulis kapan saja, entah itu saat kita sedih, marah, terharu, dan lain-lain sebagainya, kendatipun terkadang setiap orang ada kalanya menulis di waktu yang sesuai dan di kondisi kita merasa aman, nyaman, dan kondusif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline