Lihat ke Halaman Asli

Bagaimanakah Cara Bersatu dengan Tuhan Yesus?

Diperbarui: 27 Juni 2022   21:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bagaimanakah cara bersatu dengan Tuhan Yesus?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, 27 Juni 2022

Sebenarnya tulisan ini adalah tulisan yang saya rencanakan untuk tulisan yang diberikan atau dituliskan pada buku antologi yang sedang berlangsung dengan tema: "Bersatu denganmu". 

Namun saat pengumpulan bahan dengan mewawancarai beberapa orang di kontak wa saya, saya pun memutuskan untuk  tidak menulis ini di buku antologi tersebut. 

Hal tersebut lebih-lebih terjadi karena berdasarkan hasil wawancara tersebut ada dikatakan bahwa hal yang saya singgung ini adalah terkait dengan agama dan saya bukan ahli dalam bidang tersebut. 

Sensitif karena terkait dengan agama adalah suatu hal yang wajar saja terjadi, dimana agama dapat membuat terjadi permusuhan maupun perdebatan tertentu antara sang penulis dan pembacanya, bahkan pada kasus yang parahnya dapat terjadi peristiwa pembunuhan hanya gara-gara perbedaan dari segi pendapat atau pandangan tersebut. 

Agama tersebut dipandang sebagai sesuatu yang tergantung dari iman atau kepercayaan seseorang, yang berarti bahwa kemungkinan besar berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Itulah yang menjadi pertimbangan utama saya dalam hal membatalkan untuk tulisan ini disodorkan atau dijadikan buku pada antologi tersebut.

Alasan kedua dan terakhir sebenarnya sempat membuat saya terpancing emosi, dimana dikatakan bahwa saya tidak ahli dengan hal tersebut. 

Seolah-olah jika ingin menulis tentang dokter maka harus menjadi dokter dulu, jika ingin menulis tentang teknik maka harus menjadi Sarjana, Magister, atau bahkan Doktor dan Prof teknik dulu. 

Padahal segala sesuatu itu sebenarnya bisa dipelajari. Bagaimana cara mempelajarinya? Dapat dilakukan dengan membeli buku atau mendownload jurnal, bahkan dengan mengklik tema yang akan kita pelajari melalui mesin pencari yang biasanya dipakai disebut sebagai Google. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline