Lihat ke Halaman Asli

Bersyukur Selalu sebagai Wujud Manusia Tangguh

Diperbarui: 28 April 2022   22:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Bersyukur selalu sebagai wujud manusia Tangguh

Oleh: Trygu

Gunungsitoli, 28 April 2022

Para pemuda atau pemudi kita di masa kini, atau dengan kata lain para generasi muda, ada yang mengatakan bahwa mereka adalah generasi yang memiliki mental tidak tangguh. Tangguh adalah suatu hal dimana seseorang itu tidak mudah goyah atau terombang ambingkan oleh segala sesuatu hal tertentu, tetap pada prinsip atau pendirian yang baik, serta kokoh atau memiliki tekat yang bulat pada suatu hal yang bermanfaat dan positif.

Ketidaktangguhan dari generasi muda kita, dapat kita lihat dimana ada yang berani melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kebiasaan baik di lingkungan sekitarnya, karena tuntutan dari sebuah pergaulan seperti mengkonsumsi rokok, narkoba, meminum-minuman keras, maupun bahkan sampai melakukan seks bebas. 

Serba instan dan cepat, tanpa proses panjang yang berarti. Tanpa berpikir-pikir terlebih dahulu, apakah itu baik atau malah buruk kedepannya bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya berada.  

Hal tersebut terjadi salah satunya karena mereka tidak bersyukur akan segala sesuatu, dimana mereka rela melakukan tindakan seperti berupa mencuri atau memeras orang karena ingin punya sesuatu yang lebih baik, lebih canggih, supaya bisa diterima oleh teman pergaulan mereka. 

Mereka merasa bangga dan percaya diri setelah memperoleh segala sesuatu dengan cara yang tidak baik, dan bahkan dengan cara yang tidak masuk diakal seperti datang kepada orang pintar atau dukun. 

Mereka tersebut tidak mau berusaha dengan cara menanam di pekarangan rumah atau lahan yang tersedia, mengumpulkan barang-barang bekas, atau malah membuat segala sesuatu yang dari awalnya tidak bernilai atau murah menjadi sesuatu karya seni yang sangat berharga atau mahal.

Membuat segala sesuatu itu menjadi lebih baik atau lebih sempurna daripada yang sebelumnya. Membuat orang-orang yang melihatnya menjadi tertarik dan bahkan sampai rebut-rebutan untuk memperolehnya dengan sesegera mungkin. Harga yang fantastis pun diberikan atau ditawarkan tanpa perlu pikir-pikir panjang terlebih dahulu.

Itu yang kemudian disebut sebagai inovasi yang diharapkan dari para generasi muda atau generasi penerus bangsa kita kedepannya. Mereka menggunakan pikiran dan bahkan energi mereka dimasa muda, untuk suatu hal-hal yang baik, positif, dan bahkan membangun. Selain itu, dapat juga menjadi sumber dari motivasi dan inspirasi bagi orang-orang atau individu-individu disekitarnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline