Lihat ke Halaman Asli

Apakah Semua Orang Memiliki Minat dan Apakah Minat Tersebut Berubah-Ubah? Kenapa?

Diperbarui: 10 Januari 2022   23:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apakah semua orang memiliki minat dan apakah minat tersebut berubah-ubah? Kenapa?

Oleh: Try Gunawan Zebua

Gunungsitoli, 10 Januari 2022

Beberapa orang atau bahkan kebanyakkan orang pasti pernah mendengar terucap  kata minat atau sesuatu kata yang dikaitkan dengan minat. Itu berarti bahwa seseorang atau kebanyakkan orang pernah mengucapkan kata minat kepada siapapun, pada kondisi bagaimanapun atau pada kondisi tertentu. Hal tersebut dapat kita lihat dimana terkadang ada yang mengatakan: "Saya berminat dengan musik", "Saya tidak berminat sama sekali dengan matematika itu, dimana matematika itu membuat saya pusing", "Saya sangat berminat dengan olahraga, supaya tubuh saya sehat selalu", dan lain-lain sebagainya.

Secara langsung maupun tidak langsung, setiap kata minat itu memiliki maksud atau tujuan bahwa orang yang mengatakannya itu memiliki keinginan atau kemauan akan hal tertentu, sesuai dengan apa yang diucapkan. Itu jika dikatakan minat atau berminat, atau dengan kata lain memiliki minat pada hal tertentu tersebut. Misalnya tadi pada kata "Saya berminat dengan musik", itu berarti bahwa orang yang mengatakan hal tersebut memiliki kemauan atau keinginan dengan yang namanya musik atau semua hal yang berkaitan dengan dunia musik. Begitu juga dengan pernyataan di atas: "Saya sangat berminat dengan olahraga, supaya tubuh saya sehat selalu", dimana itu berarti bahwa orang tersebut memiliki kemauan atau keinginan dalam hal olahraga atau segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia olahraga, sehingga hasil yang diharapkan oleh orang yang mengucapkan itu adalah supaya tubuhnya menjadi sehat selalu. Hal tersebut supaya orang tersebut terhindar dari berbagai penyakit tertentu atau masalah tertentu yang sedang dialaminya. 

 Sedangkan pernyataan: "Saya tidak berminat sama sekali dengan matematika itu, dimana matematika itu membuat saya pusing", itu berarti bahwa orang yang mengucapkan hal tersebut tidak memiliki keinginan atau kemauan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan matematika, dimana hal tersebut didorong oleh karena matematika tersebut membuat pusing orang yang mengatakannya. Entah itu karena dia tidak paham dengan matematika, tidak menyukai atau tidak menyenangi matematika dan bahkan mungkin saja para guru matematikanya, tidak memiliki motivasi dalam belajar matematika, dan lain-lain sebagainya. 

Minat tersebut berkaitan dalam berbagai bidang kehidupan kita, sehingga membentuk suatu istilah yang baru, dimana minat yang dikaitkan dengan olahraga disebut sebagai minat olahraga, minat dalam kaitan dengan belajar disebut sebagai minat belajar, minat dalam kaitannya dengan tarian disebut sebagai minat tarian, dan lain-lain sebagainya.

Lantas, apakah semua orang memiliki minat?

Semua orang memiliki minat pada berbagai bidang atau aspek tertentu. Seperti yang dikatakan di atas, bahwa dapat kita lihat dari perkataan yang mengandung kata minat, maupun dari berbagai kata yang berkaitan dengan minat (seperti kata kemauan dan keinginan seperti yang telah dikatakan di atas). Bisa juga kita melihat seseorang itu memiliki minat dari apa yang dilakukannya, seperti orang yang fokus pada hal tertentu yang disebabkan dia memiliki minat pada hal tersebut. Selain itu, dapat kita lihat dari orang tersebut yang memberikan perhatian, menjadi bersemangat, melakukan gerakan, dan lain-lain sebagainya. Bahkan tanpa kita suruh untuk melakukannya.

Apakah minat tersebut berubah-ubah? Kenapa?

Minat seseorang tersebut dapat berubah-ubah oleh karena berbagai hal, seperti pengaruh dari keluarga, orangtua, atau dengan kata lain lingkungan dan bahkan oleh diri sendiri. Misalnya saat melihat seorang dokter yang menyembuhkan penyakit tertentu, maka orang tersebut bisa dikatakan memiliki minat menjadi dokter (dari apa yang dilihat). Begitu juga bagi seseorang yang melihat guru yang mendidik atau mencerdaskan mereka, maka mereka (siswa) memiliki minat menjadi seorang guru. Selain itu, seseorang yang melihat petani yang memiliki hidup sejahtera dari hasil pertanian, sehingga orang tersebut memiliki minat menjadi seorang petani, dan lain-lain sebagainya. Namun semua hal tersebut baik atau berguna jika dikaitkan atau diarahkan ke arah yang positif. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline