Membuat artikel saja, masih kurang untuk dapat menggapai SEO, terutama untuk website yang baru up, terkecuali yang memang sudah terkenal sebagai website dengan konten-konten bermanfaat seperti situs-situs startup besar yang memang banyak membayar penulis kompeten.
Kembali lagi ke situs yang baru up dengan target SEO, maka dibutuhkan beberapa trik supaya google bot juga menganggap bahwa artikel yang kamu tulis, akan direkomendasikan secara otomatis oleh google atau bing, tentunya mendatangkan pengunjung, sedikit berbeda jika artikelmu menarik saja, tapi tidak dikenal baik oleh google, pengunjung akan kaget dan baru tau bahwa ada website se-menarik website kamu, sayang kan?
Jadi, sebelum membuat artikel yang sesuai kaidah SEO, kamu harus tahu algoritma Google Terbaru, tapi cukup ribet ya? nah sekarang kita rangkum artikel SEO friendly buat kamu, karena cara seperti ini yang dipakai oleh para jasa seo diluar sana, dibawah ini adalah poin-poin utama, nanti kita breakdown ya.
- Riset Keyword
- Kenali pengunjung kamu
- Keunikan artikel
- Fokus konten
- Hindari keyword stuffing
- Inbound dan Outbound link
- Konten visual
- Wording
- Plugins SEO
- Konsisten & Sebar artikelmu
Riset Keyword
Yang paling awal, kamu harus tahu sebelum menulis artikel, apa kata kunci yang tepat dan bisa mendongkrak SEO, dengan cara melakukan riset baik itu memakai semrush, kalau yang gratis bisa pakai KWFinder, google trends atau Ubersuggest,atau kalau cek secara manual dengan pencarian google berdasar keyword yang juga dipakai oleh kompetitormu sehingga akan ketahuan nilai keyword mana yang punya volume pencarian paling besar.
Kenapa yang diambil adalah keyword yang punya nilai pencarian yang besar ? karena keyword tersebut yang paling banyak dicari oleh audiens kamu, sehingga kalau kamu memakainya itu akan membuat situs kamu muncul dipencarian, begitupun sebaliknya jika volume pencarianmu kecil, potensi growthnya juga kecil, namun relatif mudah dicapai.
Kenali pengunjung kamu
Memang relatif sulit mengenalinya, karena akan berdasar kira-kira saja, alat ukur efektif adalah dengan google search console, contoh : dari keyword manakah pengunjung menemukan website kamu ? lalu kamu coba pakai keyword tersebut, apakah benar menampilkan website kamu ? ataukah yang ditampilkan adalah google ads kamu jika kamu menjalankan SEM, atau justru yang tampil adalah google business kamu ?
sehingga kamu bisa analisa, kesimpulan sederhananya adalah website kamu akan bisa ditunjang jika kamu memakai google business dengan potensi yang tepat, semisal menambahkan postingan juga disana.
Jika memakai google analytics, kamu bisa memastikan, apakah ini organic atau mendapat link dari suatu website ? page mana saja yang paling betah dikunjungi ? lihat juga cohortnya dengan menangalisa cohort apakah dari minggu ke minggu terdapat peningkatan ?
bandingkan juga dengan rate engagementnya berapa menit setiap kunjungan.
Keunikan artikel
Bandingkan dengan kompetitor atau artikel yang sudah ada yang akan kamu tulis, semisal kamu berniat ambil keyword "memulai bisnis startup" sehingga kamu akan buat artikel "cara memulai bisnis startup" kalau disearch, kan sudah banyak, di modifikasi lebih unik lagi menjadi "cara mudah menjalankan bisnis startup" atau sebisa mungkin ide se-kreatif kalian, tapi tidak boleh terlalu panjang ya judulnya.
Begitupun dengan struktur penulisannya, dimana terdapat pembuka, inti artikel, sampai penjelasan atau rangkuman dari artikel yang kamu tulis, yang pastinya bisa kamu kombinasikan menjadi satu kesatuan yang berhubungan, bisa memakai metode AIDA, apa itu AIDA ?