Masih ingat di awal milenium ini banyak sekali home shopping televisi yang menawarkan promosi murah?
dimana masa itu juga tersebar di pusat perbelanjaan dengan fasilitas cicilan ringan,pesan antar, garansi bertahun-tahun?
Di tahun ini hal-hal yang tadinya berjalan di platform belanja televisi, kini menjadi mudah dengan smartphone, terlebih trend mendukung lantaran masyarakat indonesia gegap gempita menyambut cara belanja yang kian modern ini.
Namun siapa sangka di balik suburnya pertumbuhan pebisnis online, terdapat deru perpacuan antar pengusaha yang bergulat di dunianya, bukan hanya pengusaha properti yang berlomba untuk membeli lahan di pinggiran lalu membranding habis-habisan akses maupun pertumbuhan sosial di wilayah tersebut.
Pertempuran itu juga terjadi di dunia maya,perkembangan paling mutahir adalah investasi miliaran US$ di Indonesia sehingga melahirkan tiga Unicorn, yaitu:
1. Tokopedia
2. Gojek
3. Traveloka.
Selain itu, terjadi pengelompokan bisnis:
1). Tokopedia dan Lazada (yang diinvest oleh Alibaba)
2). Shopee, JD, Traveloka (yang diinvest oleh Tencent)