Lihat ke Halaman Asli

Agung Budi Santoso

Konsultan teknik dan penulis lepas tinggal di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Tiga Minuman Dingin Favoritku di Bulan Ramadan

Diperbarui: 1 Juni 2018   07:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.kulinersehat.info/

"Wow ...dingin menyegarkan !" Itulah komentarku ketika meminum minuman dingin menjelang berbuka puasa di bulan Ramadan. Yah, dibanding minuman hangat menu minuman dingin memang tidak terlalu sering ada di meja makan. Apalagi ada kecenderungan sakit pilek jika saya terlalu sering mengkonsumsi minuman dingin.

Namun menghilangkan sama sekali menu minuman dingin rasanya tidaklah mungkin. Terlanjur jadi tradisi. Walau tidak tiap hari Ibu menyajikan menu minuman dingin ini, tapi paling tidak dalam seminggu ada minuman dingin favoritku. Mau tahu? Ada tiga menu minuman dingin favoritku yang dihidangkan menjelang berbuka puasa.

Es Cocktail

Mendengar kata cocktail, apa yang Anda bayangkan? Yah, tentunya akan terlintas dalam pikiran Anda sebuah minuman dingin dengan potongan-potongan kecil buah segar dan rasanya enak. Walaupun menurut beberapa versi di Amerika minuman cocktail sebenarnya mengandung alkohol, air gula dan es serta bisa memabukkan.

Namun lain Indonesia lain Amerika. Ibu sudah terbiasa membuat menu minuman dingin ini untuk hidangan di saat berbuka. Kalau tidak ingin repot sebenarnya sudah ada cocktail kalengan yang ada di beberapa swalayan. Anda tinggal menambahkan es, air, dan syrup secukupnya. Tapi kalau ingin membuat sendiri dari beberapa buah segar dan dipotong kecil-kecil, Anda dapat memilih buah yang cocok untuk dibuat cocktail. Beberapa buah itu di antaranya semangka, papaya, melon dan nanas. Atau Anda bisa menambahkan nata de coco untuk menambah cita rasa dalam paduan es cocktail ramuan sendiri.

Menu minuman dingin ini selain bisa menghilangkan rasa dahaga juga termasuk minuman sehat. Beberapa buah yang ada bisa menjadi menu pelengkap selain menu makanan besar seperti nasi beserta sayur dan lauk pauknya.

Es Blewah

https://cookpad.com/id/resep/779827-es-blewah-nenas-segar

Dari namanya saja mudah ditebak, es blewah tentu bahan bakunya adalah buah blewah. Minuman es blewah harganya tidak terlalu mahal. Jika ingin membuat sendiri pun bisa. Anda cukup membeli buah blewah lalu tinggal menyerut daging buah blewah dan diberi tambahan syrup atau susu kental manis yang putih. Dan tak lupa menambahkan es batu untuk memberikan sensasi dingin dari minuman tersebut.

Menu es blewah tetap tergolong ke dalam kategori es buah-buahan, karena unsur blewah tetap ada dalam minuman itu. Menjadikan es blewah sebagai hidangan untuk berbuka puasa tentu dapat menyegarkan tenggorokan dan kita tetap mengkonsumsi buah-buahan secara tidak langsung karena blewah telah tercampur ke dalam racikan es blewah. 

Akhirnya menu empat sehat lima sempurna pun tetap tersaji dalam menu berbuka puasa. Nasi beserta sayur dan lauk pauknya dapat kita santap setelah kita menghilangkan rasa dahaga.

Es Dawet

http://kooliner.com/blog/dawet-ayu-yang-kenyal-dan-segar-khas-banjarnegara/

Nah, kalau es dawet ini kadang bukan Ibu yang membuat. Tapi saya cenderung tinggal beli kepada penjual es dawet yang mangkal di pinggir jalan. Sambil ngabuburit sebentar lalu mampir beli es dawet dan dibawa pulang untuk diminum di rumah ketika adzan Maghrib telah terdengar.

Es dawet juga merupakan minuman manis khas Indonesia, saat bulan puasa es ini begitu populer di kalangan pemburu takjil. Apalagi jika dilengkapi dengan buah nangka tentu akan menambah nikmatnya es dawet ini. Bahan utama dari minuman es cendol ini adalah dawet yang dibuat dari tepung beras dan hunkwe.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline