Lihat ke Halaman Asli

Agung Budi Santoso

Konsultan teknik dan penulis lepas tinggal di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah

Yuk, Bikin "Small Office Home Office"

Diperbarui: 8 Desember 2017   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://wagenugraha.files.wordpress.com/2009/12/home-office1.jpg

"Work is an activity it is not a place". Ini adalah suatu ungkapan yang menarik dari sebuah blog yang dimiliki (sekarang mantan) Managing Director Cisco Indonesia. Ya, bekerja adalah aktivitas bukanlah suatu tempat atau kata keterangan tempat. Lalu, apa saja yang kita butuhkan supaya dapat bekerja ? Kita tetap butuh alat bantu seperti halnya orang yang berjualan sembako di rumah.

Berbisnis tidak harus menjual produk atau barang. Lalu ? Ya, kita bisa saja berjualan jasa. Di dalam ilmu ekonomi yang kita pelajari sewaktu masih sekolah dulu, untuk mendapatkan penghasilan kita perlu menjual barang atau jasa. Bisnis di bidang jasa adalah suatu bisnis yang relative kecil resikonya. Mengapa ? Ya, coba saja Anda berjualan buah. Tentu jika tidak ada yang beli lama-lama buah akan busuk dan kita merugi. Atau jika jualan daging, jika lama belum juga terjual daging akan membusuk. Atau jika membuka warung makan, jika masakan tidak langsung terjual makanan juga akan menjadi basi.

Lalu bisnis jasa apa yang bisa kita lakukan. Ya, sebagai contoh Anda bisa buka jasa kepenulisan atau jasa bimbingan belajar. Atau buka jasa pengetikan, foto copy, atau jasa desain rumah dan instalasi listrik. Yang jelas banyak yang bisa kita lakukan. Setelah kita tentukan bidang jasa yang akan kita jual, langkah selanjutnya kita perlu memikirkan ruang kerja. Apa kita mau menyewa ruko atau bikin kantor sendiri di rumah.

https://wagenugraha.files.wordpress.com/2009/12/office4.jpg

Seperti halnya judul di atas. Kita akan membangun SOHO alias Small Office Home Office. Dari sinilah nantinya segala aktivitas akan bermula. Baru setelah beberapa peralatan yang kita perlukan sudah terpenuhi.

Saatnya kita berfikir tentang memasarkan jasa kita. Pemasaran jasa bisa lewat brosur, medsos di internet, iklan di koran atau di OLX, atau berita dari mulut ke mulut lewat kartu nama yang telah kita bagi-bagi kepada relasi kita.

Berbisnis jasa dari rumah, alat yang kita perlukan bisa saja berupa PC, laptop, smartphone, printer, scanner, koneksi internet, listrik dengan daya yang cukup, kebutuhan logistik kantor, air dan makanan yang cukup. 

Jam kerja juga perlu kita tetapkan secara disiplin yaitu 8 jam sehari. Yang 16 jam kita gunakan untuk istirahat, tidur, rekreasi dan santai dengan keluarga. Ruang kerja yang nyaman akan membuat kita betah keja seharian penuh. Bila perlu ditambah AC atau kipas angin sehingga ruang kerja tetap terjaga kualitas udara dan suhunya.

Bagaimana ? Ternyata kerja tidak harus pergi pagi pulang pagi kan ? Cukup dari rumah kita bisa bekerja. Apa lagi jika bisnis Anda sudah dikenal oleh customer tentu rejeki akan mengalir dengan sendirinya. Yang jelas komitmen dan kepercayaan customer tetap kita jaga. Sebab konsumen adalah raja di dalam dunia bisnis. 

Kita jaga agar konsumen tidak lari dari kita. Bila perlu berikan diskon dan insentif khusus di hari-hari tertentu seperti hari raya, tahun baru atau ketika hari ulang tahun. Selamat bekerja dan berkarya di SOHO Anda. Terima kasih.

Bahan Referensi :

1. Referensi #1

2. Referensi #2




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline