Lihat ke Halaman Asli

Syafiqi

Dibalik kesusahan pasti ada kebahagiaan

Masjid Sunan Ampel

Diperbarui: 2 April 2023   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Menguak sisi beragaman Pembangunan masjid sunan ampel surabaya

Masjid merupakan tempat beribadah dan juga tempat wisata religi bagi semua orang khususnya orang muslim salah satunya masjid yang dibuat seperti itu adalah masjid Sunan Ampel yang terletak di Desa Ampel yang sekarang disebut sebagai Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir Kota Surabaya. Masjid tersebut didirikan oleh Raden Muhammad Ali Rahmatullah yang lebih dikenal sebagai Sunan Ampel dan dibantu dengan sahabat karibnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji serta para santrinya. 

Masjid ini juga memiliki 5 gapura yang disimbolkan sebagai rukun islam dan juga memiliki 16 tiang utama yang terbuat dari kayu yang di ambil dari beberapa wilayah. Masjid Sunan Ampel dibangun pada tahun 1421 Masehi di atas sebidang tanah seluas 120 x 180 Meter persegi. 

Seperti lazimnya masjid besar, masjid tersebut memiliki takmir atau pengurus masjid yang menggurusi dan menjaga kebersihannya, masjid ini sudah melakukan renofasi pada tahun 1965 Masehi tetapi gaya arsitektu jawa kuno dan nuansa Arabnya tidak dihilangkan sehingga kelihatan masih asri. Bukan hanya gaya arsirekturnya saja tetapi arsitektur bangunannya juga masih di pengaruhi dengan alkuturasi dari budaya lokal, hindu dan buddha.

Dengan adanya arsitektur bangunan yang mengakulturasikan budaya lokal, hindu dan buddha merupakan salah satu bukti pluralisme di masjid tersebut. Arsitektur bangunan yang mencerminkan pluralisme tidak luput dari tokoh sentral yang mendirikan masjid tersebut yakni Sunan Ampel, Sunan Ampel disebut sebagai tokoh agama serta waliyullah yang menyiarkan agama islam di Pulau Jawa dengan begitu lembut dan juga pluralisme terhadap ajaran-ajaran terdahulu sehingga bisa diterima oleh semua kalangan.

Metode dakwah yang dilakukan oleh Sunan Ampel sesuai dengan ajaran islam “Rahmatan lil alamin”. Pluralisme dalam kehidupan sangat dibutuhkan agar dapat menjalani hidup yang harmonis dengan orang lain karena setiap orang memiliki komponen yang berbeda. Perbedaan dianggap sebagai pelengkap kehidupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline