Lihat ke Halaman Asli

Cinta Kasih dalam Kebenaran

Diperbarui: 8 September 2022   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

CINTA KASIH DALAM KEBENARAN

Menurutmu apasih Cinta Kasih dalam Kebenaran tersebut? Cinta Kasih dalam Kebenaran merupakan rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama yang dihaturkan dengan dilandasi kebenaran. Apa ya maksudnya? Maksudnya adalah ketika kita peduli dengan seseorang kepedulian tersebut harus dilandasi dengan kebenaran, seperti contohnya : ketika kita peduli dengan teman, maka tentunya kita akan membantu dia. Namun jika situasi dan kondisi menyiratkan bahwa saat ini kondisi sedang ujian dan kawanmu kesulitan, lalu kamu memberikan contekan. Maka dari sini disimpulkan bahwa kamu menjalankan Cinta kasih tanpa dilandasi dengan adanya unsur kebenaran, yang kamu pedulikan hanyalah rasa cinta kasih tersebut tanpa melihat dampak atau efek yang dapat ditimbulkan dari rasa Cinta Kasihmu tersebut. Jika kita bisa menjalankan rasa Cinta Kasih dalam Kebenaran maka akan banyak sekali manfaat yang dapat terjadi, seperti : kita akan semakin menyadari akan kayanya Makna hidup, kita dapat menyadarkan orang tentang apa itu cinta kasih dan juga ap aitu kebenaran yang sesungguhnya, ketiga kita dapat mengajarkan pelajaran kepada orang lain, dan tentunya sifat Cinta kasih dalam Kebenaran ini harus dilakukan secara Universal.

UNIVERSAL DALAM BERTINDAK

Cinta Kasih dalam Kebenaran bertindak secara universal tanpa memandang ras maupun gender. Cinta kasih dalam kebenaran akan menampakkan dirinya jikalau orang tersebut memang memiliki keadaan dan situasi yang pantas untuk di kasihi. Seperti misalnya, membantu anak kecil membaca, memberikan makanan kepada mereka yang kurang mampu, membantu orang buta menyebrang jalan, dan tentunya masih banyak lagi. Dan sifat ini pastinya akan sangat membantu kita dalam menjalani cinta kasih antar sesama.

MENYADARI AKAN KAYANYA MAKNA HIDUP

Apasih maksudnya menyadari akan kayanya makna hidup? Maksudnya adalah ketika cinta kasih dilandasi dengan tuntutan kebenaran, maka akan menciptakan rasa bersyukur akan kehidupan baik dari sisi yang memberikan cinta kasih maupun dari sisi yang diberikan. Seperti contoh ketika orang buta dibantu menyebrang jalan, ia tentunya akan sangat berterima kasih dan ia akan semakin menghargai makna hidup, begitu juga bagi ia yang membantu menyebrang jalan. Percayalah bahwa perbuatan baik dapat menciptakan rasa senang juga rasa syukur. Oleh karena itu Cinta kasih dalam kebenaran akan sangat membantu kita dalam proses menyadari kayanya makna hidup.

MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA SESAMA

Ketika kita menjalankan cinta kasih dalam kebenaran tentunya kita akan membantu sesame dengan mengajarkan mereka arti pentingnya hal tersebut. Seperti contohnya ketika teman meminta contekan dan kita tidak memberikannya, maka akan membuat orang tersebut kapok dan sadar akan pentingnya belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa cinta kasih dalam kebenaran dapat memberikan pelajaran kepada sesame.

MENYADARKAN ORANG TENTANG APA ITU KEBENARAN

Cinta kasih dalam kebenaran tentunya akan membuat sesame sadar tentang apa itu kebenaran yang sesungguhnya. Karena bukan kebenaran Namanya jika cinta dilandasi dengan cara yang salah. Sama seperti contoh sebelumnya ( orang meminta contekan ) disini tentunya akan membuat diri kita sadar tentang apa itu kebenaran sesungguhnya dan akan menyadarkan ia yang meminta contekan juga. Sehingga dapat dipastikan perilaku cinta kasih dalam kebenaran akan menyadarkan orang-orang tentang apa itu kebenaran yang sesungguhnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline