Lihat ke Halaman Asli

Triya Famida

Public Relation

Negara Sahabat (ASEAN) Sudah Merasakan "QRIS Cross Border", Potensi Besar Menuju Indonesia Emas

Diperbarui: 5 November 2023   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Bank Indonesia

Bank Indonesia resmi merilis QRIS antar negara. Fitur QRIS ini dinamakan "QRIS Cross Border".

Nah, di QRIS Cross Border, pengguna bisa menikmati kemudahan dalam pembayaran digital lebih praktis dan efisien di lintas negara yang terhubung, salah satunya adalah tidak perlu menukar uang di money charger ketika berkunjung keluar negeri.

Dalam penggunaan masih sama dengan pembayaran QRIS yaitu dengan melakukan scan kode QR / Quick Response melalui aplikasi dompet digital dan mobile banking di smartphone. Uniknya, QRIS Cross Border ini memiliki keterangan nominal dalam mata uang lokal / rupiah, contoh membeli barang dengan nilai 20 Baht otomatis menjadi 9.000 rupiah.

Hal ini terjadi karena didukung dengan LCS / Local Currency Settlement yang merupakan penyelesaian transaksi sesuai mata uang lokal masing-masing negara. Sehingga, bukan hanya mengetahui nilai transaksi sesuai mata uang lokal namun dalam bertransaksi lebih murah karena tidak ada eksposur terhadap risiko nilai tukar dan biaya.

Bukan itu saja, para pengguna QRIS Cross Border juga diberikan jaminan keamanan data pribadi, dibuktikan dari hadirnya standardisasi SNAP / Standart Nasional Open API Pembayaran yang ditetapkan Bank Indonesia dan sudah di praktikan bersama beberapa PJP / Penyedia Jasa Pembayaran.

Peningkatan keamanan lainnya yang menambah rasa aman adalah QRIS Cross Border ini sudah sesuai dengan poin-poin dalam ASEAN Blueprint 2025.

Kini, para pengguna QRIS Cross Border akan merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi di negara tujuan secara sehat dan transparan dengan keandalan infrastruktur sistem pembayaran.

Meskipun sudah dinyatakan aman, Namanya inovasi pasti ada risiko jika teledor. Sehingga kita harus tetap waspada dengan cara cek ricek setiap melakukan transaksi, salah satunya adalah memastikan nama merchant sebelum klik pin dalam tahap akhir pembayaran.

Indonesia Emas dengan Mewujudkan Misi Keketuaan Kerjasama Ekonomi ASEAN.

Dalam rangka memaksimalkan perkembangan teknologi perdagangan di Kawasan ASEAN regional payment connectivity. Bank Indonesia bersama pemerintah merealisasi kerjasama pembayaran lintas negara / QRIS Cross Border bersama negara-negara kawasan ASEAN.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline