Lihat ke Halaman Asli

Tri Wibowo

Penulis Amatir

Pengumuman Ranking Passing Grade CPNS Kemendikbud Diundur?

Diperbarui: 12 Oktober 2021   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: smartcpns.com

Sebagian besar instansi pemerintahan telah selesai melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk penerimaan CPNS dan PPPK tahun 2021. Bahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengumumkan hasil dari seleksi PPPK. Sesuai dengan jadwal seharusnya pengumuman hasil SKD akan dilakukan tanggal 15 sampai 17 Oktober 2021.

Namun banyak peserta yang  telah lulus passing grade merasa kebingungan terkait tidak adanya informasi resmi yang bisa diperoleh pasca selesai melaksanakan tes SKD, terutama pada formasi Kemendikbud. Informasi resmi hanya bisa diakses melalui situs cpns.kemendikbud.go.id

Informasi lain liar berkembang melalui group telegram yang pada intinya, sebagian peserta yang telah lulus passing grade menerka-nerka segala kemungkinan yang terjadi. 

Hal ini mereka anggap penting mengingat harus ada persiapan yang lebih matang lagi untuk menghadapi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang terdiri dari beberapa tahapan.

Sudah lulus Passing Grade tidak serta merta menjadikan para peserta merasa aman (Baca: Lulus Passing Grade SKD Belum Tentu Lanjut SKB ), hal ini yang membuat galau para peserta dan ada pula yang mencoba membuka voting atau poling online melalui group di telegram.

Sesuai dengan informasi terakhir di situs cpns.kemendikbud.go.id bahwa masih ada peserta yang melakukan tes hingga tanggal 31 Oktober 2021. Hal tersebut kemungkinan terjadi akibat adanya peserta yang terpapar Covid-19 sehingga dilakukan penundaan jadwal tes SKD. Sebagian peserta di Group Telegram juga mengungkapkan, bahwa akan ada kemungkinan penundaan pengumuman hasil SKD yang bisa jadi mundur hingga pertengahan Bulan November.

Hal ini juga telah terjadi saat seleksi administrasi berlangsung, dimana adanya pemunduran jadwal yang menuntut para pelamar di Kemendikbud harus aktif mencari informasi terkini secara mandiri terkait dengan perkembangan seleksi CPNS. 

Para pelamar juga dapat mengikuti akun sosial media Kemendikbud atau BKN baik itu di Twitter dan Instagram untuk memperoleh informasi terkini. []




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline