Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil melaksanakan intervensi edukasi dan pendaftaran Aplikasi Mobile JKN dalam kegiatan BPJS Keliling di Kota Semarang. Program ini bertujuan meningkatkan literasi masyarakat terhadap layanan kesehatan digital dan mendorong optimalisasi penggunaan Aplikasi Mobile JKN oleh peserta BPJS Kesehatan.
Selama 3 bulan magang PKL, mahasiswa tidak hanya memberikan edukasi langsung kepada masyarakat, tetapi juga mengevaluasi efektivitas intervensi tersebut. Hasil evaluasi tersebut dirangkum dalam sebuah policy brief yang memuat analisis dan rekomendasi kebijakan kepada BPJS Kesehatan Kantor Cabang Semarang.
Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang Dok. Policy Brief BPJS Kesehatan KC Semarang
Langkah ini menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa dalam menjawab tantangan inovasi pelayanan publik di era digital. Melalui kolaborasi antara institusi pendidikan dan lembaga negara, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model intervensi serupa di masa depan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI