Lihat ke Halaman Asli

triswanto

mahasiswa

Memahami Proses Belajar dan Perkembangan Peserta Didik

Diperbarui: 13 Januari 2025   05:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Psikologi Pendidikan: Memahami Proses Belajar dan Perkembangan Peserta Didik

Pendahuluan

Psikologi pendidikan merupakan cabang ilmu psikologi yang berfokus pada pemahaman proses belajar dan perkembangan peserta didik dalam konteks pendidikan. Disiplin ilmu ini menjadi fondasi penting bagi para pendidik dalam mengoptimalkan proses pembelajaran dan menciptakan lingkungan belajar yang efektif.

Teori Belajar dalam Psikologi Pendidikan

1. Teori Behaviorisme

Teori behaviorisme yang dikembangkan oleh B.F. Skinner menekankan bahwa pembelajaran terjadi melalui pengkondisian dan penguatan. Dalam konteks pendidikan Indonesia, penerapan teori ini terlihat dalam sistem reward dan punishment yang masih umum digunakan di sekolah-sekolah (Suyono & Hariyanto, 2015).

2. Teori Konstruktivisme

Konstruktivisme yang dipopulerkan oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky menggarisbawahi pentingnya peserta didik membangun pemahaman mereka sendiri. Kurikulum 2013 di Indonesia sangat dipengaruhi oleh pendekatan konstruktivistik ini, di mana siswa didorong untuk aktif mengonstruksi pengetahuan mereka sendiri (Wisudawati & Sulistyowati, 2017).

Aspek Penting dalam Psikologi Pendidikan

1. Motivasi Belajar

Motivasi merupakan faktor kunci dalam keberhasilan pembelajaran. Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki motivasi intrinsik cenderung mencapai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan mereka yang hanya didorong oleh motivasi ekstrinsik (Sardiman, 2016).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline