Lihat ke Halaman Asli

Trisna Sari

Science jurnalism

Inovatif, Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Handsanitizer Berbahan Daun Sirih dan Ekstrak Jeruk Nipis

Diperbarui: 13 Februari 2021   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Tembalang, (06/01/2021) -- Trisna Sari, salah satu mahasiswi KKN Tim I Universitas Diponegoro Semarang memiliki ide pembuatan handsanitizer berbahan daun sirih dan ekstrak jeruk nipis. Pembuatan handsanitizer ini didasari karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini yang masih tinggi sedangkan mobilitas masyarakat sebagian besar tetap berjalan dikarenakan beberapa sektor industri maupun sosial tidak diterapkannya WFH (Work From Home). Selain rajin mencuci tangan, masyarakat tentu harus tetap sedia membawa handsanitizer ketika bepergian untuk mencegah penularan Covid-19.

Pelaksanaan program KKN ini yaitu berlokasi di RT 05 RW 01 Kelurahan Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Pembuatan handsanitizer menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan, mudah dibuat dan memiliki kemampuan untuk membunuh kuman yang menempel di tangan. Daun sirih dan jeruk nipis merupakan tanaman herbal yang banyak ditemukan di sekitar kita.  Daun sirih mengandung zat antiseptik serta mampu membunuh bakteri, jamur dan dapat digunakan sebagai antioksidan.

kolase -- ilustrasi pribadi

Pembuatan handsanitizer dari daun sirih dan ekstrak jeruk nipis cukup mudah. Daun sirih sebanyak 5 lembar dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan ke wadah ditambahkan air matang dan dikukus dengan api kecil selama kurang lebih 30 menit. Air daun sirih akan berwarna kehijauan dan daun sirih akan berubah menghitam. Setelah 30 menit dibiarkan dingin kemudian disaring. Lalu  air daun sirih dicampur dengan perasan jeruk nipis yang sudah disaring lalu dimasukkan ke dalam botol semprot. Handsanitizer ini mampu bertahan 4 -- 7 hari.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Menurut warga, pembuatan handsanitizer ini termasuk inovatif dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain itu, bahan untuk membuat handsanitizer mudah dan murah untuk didapatkan baik diperoleh dari pasar atau tanaman di pekarangan rumah.

Penulis : Trisna Sari

Editor : dr. Farmaditya Eka Putra, M. Si. Med., Ph. D.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline