Lihat ke Halaman Asli

trisnawati

Blog Pribadi

Beasiswa UNS (Universitas Sebelas Maret)

Diperbarui: 17 Juni 2021   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beasiswa UNS (Universitas Sebelas Maret). | Foto: uns.ac.id

[K7119263][Trisnawati] Penulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

A. Latar Belakang

Jenjang pendidikan di Indonesia yaitu berturut-turut mulai dari pendidikan anak usia dini (AUD), pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Namun, setiap warga negara hanya memiliki kewajiban untuk  mengikuti pendidikan selama 12 tahun  pada pendidikan dasar dan menengah, yaitu dimulai dari pendidikan sekolah dasar (SD) kelas 1 sampai sekolah menengah atas (SMA) kelas 12. Program wajib belajar 12 tahun mulai berlaku pada bulan Juni tahun 2015. 

Tidak sedikit warga negara Indonesia yang mampu menyelesaikan semua jenjang pendidikan. Bahkan, banyak warga negara yang mendapat gelar S3 baik lulusan di dalam negeri maupun di luar negeri. Di samping itu, masih ada dan jumlahnya cukup banyak warga negara yang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan ke pendidikan tinggi.

Dapat dilihat di daerah 3 T yaitu terpencil, terdepan, dan terluar di Indonesia yang minim sarana, pra sarana pendidikan dan tenaga pendidik yang masih rata-rata lulusan sekolah menengah atas atau sederajat

Ada beberapa faktor yang menghambat untuk tidak melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi. Salah satu faktor yaitu faktor ekonomi. Seperti yang kita ketahui bahwa biaya pendidikan di Indonesia bisa dikatakan mahal. Namun, pemerintah tidak didiam begitu saja. Pemerintah juga turut membantu warga negara yang kurang mampu/miskin untuk memdapatkan pendidikan yang layak dengan membuat program-program beasiswa.

Contohnya: Bantuan Oprasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), Kartu Indonesia Pintar (KIP), Bidik Misi. Hampir di setiap jenjang atau sekolah terdapat beasiswa. Di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), ada banyak bantuan biaya pendidikan. Beasiswa UNS bersumber dari pemerintah, hasil  kerja sama UNS dengan perusahaan negeri maupun swasta, dan UNS peduli terhadap mahasiswa tidak mampu yang memiliki prestasi.

Baca juga: Tips Jitu Dapat Beasiswa Kuliah Pada Perguruan Tinggi Favorit

B. Tujuan Artikel Ilmiah

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai beasiswa UNS, khususnya kepada siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan secara umum kepada masyarakat bahwa terdapat banyak program bantuan biaya pendidikan. Menyakinkan bahwa pendidikan tinggi tidak hanya untuk orang yang mampu saja, tapi bagi siapapun dari keluarga manapun dapat mengenyam pendidikan tinggi. Siswa yang berasal dari keluarga miskinpun dapat melanjutkan pendidikannya hingga mendapat gelar S3 .

C. Pembahasan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline