Lihat ke Halaman Asli

Triqurniati P

A Full Time Writer/Editor

Kapok! Ini Bahaya Beli Power Bank yang Asal Murah

Diperbarui: 1 September 2016   02:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: yinteing

Produsen selalu memiliki jurus ampuh dalam 'mengaktifkan' sifat serakah manusia. Caranya dengan mengiiming-imingi “harga murah”. Padahal, tidak sedikit juga manusia yang menyadari bahwa itu semua hanyalah sekadar kamuflase dari kalimat “ini bukan barang bagus”.

'Harga nggak pernah bohong!', 'Ada harga, ada kualitas', kiasan tersebut sepertinya wajib diingat oleh kamu-kamu yang nggak mau lagi jadi korban kezaliman pihak produsen setiap kali mau beli barang,khususnya elektronik kayak power bank.   

Semua orang (yang paham) juga tahu, kalo beli power bank memang nggak boleh asal, apalagi abal-abal. Kenapa? Karena sama aja kamu sedang mencari tahu bagaimana nasib smartphone ataupun dirimu selanjutnya. Kok bisa gitu? Ya iyalah, wong kalo belinya 'yang penting murah' tanpa mikir keamanan, ya tinggal tunggu aja tanggal mainnya. 

Kalo bukan baterai smartphone nge-drop, ya smartphone tiba-tiba mati, nge-hang atau rusak total gegara IC (Integrated Circuit) soak. Yang paling ultimate sih,main board smarphone rusak (pada tahu kan kalo benerin satu ini harganya berapa!) atau power bank meledak.

Padahal dipikir-pikir, harga power bank 'kualitas terbaik' dengan yang 'abal-abal' juga nggak jauh-jauh amat. Kalo dipukul rata paling banter, sekitar 50-80 ribuan. Memang sih, besaran mAh (milliampere hour) lumayan drastis. 

Ambil contoh,

  • Merk A (abal-abal) dibekali kapasitas 12000mAh dan dibanderol harga Rp 120.000

  • Merk B (kualitas terbaik) dibekali kapasitas 5000mAh dan dibanderol harga Rp 150.000

PERTANYAANNYA:

1.Real Capacity nggak tuh?

Jawaban merk A (abal-abal): Dapat dipastikan TIDAK. Bahkan pahitnya, dengan mAh yang segitu besarnya, power bank cuma bisa 1-2 kali pakai untuk smartphone berkapasitas baterai 2110mAh.

Jawaban merk B (kualitas terbaik): Dipastikan IYA. FYI, sebagus-bagusnya power bank, tidak ada satupun yang 100% Real Capacity. Produk yang terjamin, umumnya memiliki kemampuan 60 - 70% Real Capacity, sedangkan yang tidak, di bawah 50%. Oleh sebab itu,meski hanya dibekali kapasitas 5000mAh, power bank bisa mengisi ulang daya 2 kali (full charge) untuk smartphone berkapasitas baterai 2110mAh.

2.Komponen atau jeroannya gimana? Original nggak?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline