Lihat ke Halaman Asli

Pembuatan Kerajinan Tempat Pensil dari Botol Bekas untuk Mengasah Kreativitas Anak-anak Panti Asuhan Nurul Abyadh

Diperbarui: 15 Januari 2022   10:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Para anggota PMM Universitas Muhammadiyah Malang yang beranggotakan 5 Mahasiswi dari Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Farmasi yang dibimbing oleh Bapak Ganjar Adghywirawan Sutarjo M. P. membuat program pembuatan kerajinan tempat pensil dari botol bekas yang merupakan upaya untuk mengelola dan menggunakan botol bekas agar dapat digunakan kembali dan memiliki nilai jual. Proses pengolahan botol bekas menggunakan kain flanel dan bahan lainnya seperti lem, dan manik-manik untuk mempercantik tampilan.

Dokpri

Program ini juga bertujuan untuk mengurangi dan mengatasi adanya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang disebabkan dari membuang sampah plastik sembarangan. Pelaksanaan program daur ulang sampah botol plastik ini berlangsung pada tanggal 6 Januri 2022 dan dilakukan di Panti Asuhan Nurul Abyadh bersama adik-adik Panti.

Kegiatan ini disambut baik oleh adik-adik Panti Asuhan Nurul Abyadh, adik-adik Panti sangat antusias dan semangat selama kegiatan berlangsung. Mereka sangat kreatif dalam membuat kerajinan, ada yang membuat bentuk Angry Bird, Kucing, Burung, dan bentuk lainnya. Proses pembuatan kerajinan tangan dari botol bekas ini terbilang sangat mudah dan interaktif bagi anak. Dimulai dari menggambar pola, memotong botol bekas sesuai pola, kemudian menghiasnya dengan menutupi seluruh permukaan menggunakan kain flanel, dan yang terakhir menghias menggunakan manik-manik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi adik-adik Panti dalam mengolah limbah plastik untuk dijadikan barang yang lebih berguna dan bisa digunakan sebagai ide jualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline