Lihat ke Halaman Asli

trijenica rd

mahasiswa

Peran Teknologi dalam Bidang Kesehatan

Diperbarui: 11 September 2023   10:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya adalah mesin cetak, telepon dan internet.

Teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat dan telah 

berdampak ke berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk juga bidang kesehatan. Kemajuan dalam bidang kesehatan ini diakibatkan oleh kemajuan dalam ilmu teknologi tersebut. Begitu banyak penemuan yang didapatkan dari teknologi informasi, baik itu dalam hal pengorganisasian suatu pengobatan maupun pengembangan penelitian-penelitian kesehatan. 

 Perkembangan teknologi tersebut dapat dilihat dari banyaknya perubahan sistem yang digunakan di rumah sakit dari zaman dahulu hingga saat ini. Zaman dahulu sistem yang digunakan dalam bidang kesehatan lebih bersifat manual sedangkan pada saat ini perubahan di dalam bidang lewat perpaduannya dengan teknologi telah menciptakan berbagai macam teknik pengobatan terbaru yang dulu tidak pernah terpikirkan sebelumnya. 

Secara umum teknologi di bidang kesehatan yang mengalami perubahan begitu pesat yaitu dalam hal penggunaan rekam medik. Kemajuan teknologi lainnya yaitu adanya resep elektronik, dan alat-alat canggih dalam bidang kesehatan.

Teknologi yang semakin berkembang tersebut menuntut realisasi yang berdampak positif terhadap kehidupan manusia khususnya di bidang kesehatan. Selain memiliki dampak positif, kemajuan teknologi dalam bidang kesehatan juga memiliki dampak negatif. Penggunaan rekam medik secara elektronik berdampak pada pemberian layanan kesehatan yang diberikan dan menurunnya efektifitas kerja dari tenaga kesehatan.

Sedangkan dampak negatif dari penggunaan resep obat secara elektronik yaitu jika dokter memberikan lebih dari satu jenis obat. Pada saat pasien mengkonsumsi sejumlah obat secara bersamaan, maka akan terjadi interaksi antara obat yang satu dengan yang lain. Pemberian resep obat lebih dari satu dapat menyebabkan ketiadaan manfaat bahkan kelebihan dosis yang akan berdampak buruk.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline