Lihat ke Halaman Asli

Tri Haryadi

Search Engine Optimizer

8 Gejala Demam Berdarah yang Tak Boleh Diremehkan

Diperbarui: 18 September 2018   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Asia Tenggara memang termasuk negara yang paling banyak dijadikan sebagai habitat dari nyamuk penyebab DBD. Seperti yang diketahui bahwa saat musim hujan tiba, maka populasi nyamuk akan mengalami peningkatan, karena keberadaan air yang tergenang begitu banyak dan umumnya dijadikan sebagai tempat mereka untuk hidup dan berkembang biak. Beberapa diantaranya mungkin jenis nyamuk yang hanya menggigit kulit untuk mendapatkan makanan, namun tak jarang juga jenis nyamuk yang berbahaya karena menyimpan bakteri dan virus di dalamnya.

Seperti diantaranya adalah penyebab demam berdarah ini, bahkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit DBD ini juga tak bisa dikatakan kecil. Hal ini disebabkan karena gejalanya tak begitu terlihat, seperti halnya sakit demam biasa, hingga terkadang sebagian diantara penderitanya tak menyadari bahwa ia terkena DBD dan terlambat dalam mendapatkan pertolongan. 

Sebagian besar diantara penderita DBD ini juga anak-anak, sehingga pengawasan orang tua amat diperlukan untuk mencegah terkena penyakit berbahaya tersebut.

Umumnya nyamuk yang satu ini memang hanya menggigit di jam-jam tertentu saja, mulai dari pukul 10 pagi sampai siang, namun sekali gigitan akan langsung bereaksi, khususnya pada mereka dengan kekebalan tubuh atau imunitas yang rendah. 

Untuk itu ada baiknya juga selalu melindungi diri dengan menggunakan lotion anti nyamuk atau sejenisnya, sehingga serangga tersebut tak berani untuk menggigit tubuh.

Adapun setidaknya beberapa gejala yang akan dialami ketika terjangkit penyakit demam berdarah, diantaranya adalah:

1. Demam, penderita DBD akan mengalami demam dengan suhu yang terbilang tinggi yaitu mencapai angka 40 derajat celcius. Demam ini tentunya berbeda dengan penyakit-penyakit ringan lainnya seperti pilek maupun flu, sehingga bisa langsung dicek dengan menggunakan thermometer.

2. Sakit kepala, rasa sakit kepala yang dialami oleh penderita DBD ini nyatanya berbeda dibandingkan dengan sakit kepala pada biasanya, karena sangat parah dan membuat penderitanya tak bisa melakukan aktivitas sebagaimana mestinya, mereka hanya bisa terbaring di atas ranjang.

3. Munculnya ruam, ruam merah di seluruh bagian tubuh seperti terkena cacar air, namun bintik-bintik ini tak mengeluarkan air.

4. Mual-mual hingga disertai dengan muntah, penderita DBD tak mampu mencerna makanan yang masuk kedalam tubuh, lambung terus memberikan gerakan menolak makanan sehingga berakibat pada muntah.

5. Nyeri pada bagian belakang mata, yaitu daerah retinol orbital yang membuat penderitanya kesulitan untuk fokus.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline