Lihat ke Halaman Asli

Tri Haryadi

Search Engine Optimizer

Peranan layanan jasa SEO dalam bisnis online UKM

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bagi Anda yang baru saja ingin memulai bisnis atau usaha terutama bisnis yang berbasis online. Ada beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu. Selain seputar internal website, ada hal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu penggunakan media jasa SEO profesional yang kini banyak terdapat di Indonesia, terutama yang berada di wilayah Jakarta.

Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada langkah pertama yang bisa Anda lakukan. Apa saja?.Tentu saja hal yang pertama Anda dapat lakukan adalah tentu saja memiliki sebuah website/blog yang nantinya akan menjadi wadah dari produk-produk yang akan dijual. Dengan website struktur yang baik dan estetis, tentunya konsumen akan merasa bahwa website Anda memiliki "value" tersendiri baik dari segi tampilan maupun secara struktur.

Selain penampilan web yang baik, website juga harus didukung dengan detail produk yang jelas seperti gambar-gambar yang menarik, penjelasan, spesifikasi, harga yang jelas serta mudah untuk di navigasikan oleh konsumen yang datang.

Oke, website dengan struktur dan tampilan yang baik sudah Anda miliki, produk-produk yang ditawarkan juga bisa dilihat dan diakses dengan mudah oleh calon konsumen.Kemudian selanjutnya apa lagi?

Dalam dunia online, "kegiatan menunggu" adalah kematian bagi bisnis Anda.Jika diibaratkan aktifitas memancing, Anda perlu bermacam-macam ukuran kail dan umpan guna mendapatkan ikan dengan berbagai ukuran.Begitu jugadengan bisnis online. Untuk mendapatkan konversi (dari potensial konsumen menjadi konsumen), Anda perlu melakukan beberapa hal lainnya selain hanya memiliki website saja.

Bayangkan kompetitor Anda yang terus berinovasi dan tak pernah berhenti untuk "menjerat" calon konsumen. Inovasi, usia bisnis dan pengalaman bisnis dari kompetitor tentunya adalah hal yang paling menakutkan dan mematikan langkah sebagian besar pebisnis pemula. Bagaimana menyiasati hal ini?.

Apakah Anda pernah mendengar atau mengetahui SEO atau Search Engine Optimization?.Menurut Wikipedia, SEO adalah Optimisasi mesin pencari (bahasaInggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) yang merupakan bentuk dari serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu. Dengan sistem dan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Adapun goals atau tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi halaman teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian mesin pencari berdasarkan kata kuncit ertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Bayangkan betapa sulitnya persaingan Anda apabila:

1. Website Anda baru dan belum memiliki indexing page (halaman yang telah terindeks) yang baik oleh search engine, ex: Google

2. Kompetitor Anda telah memiliki ratusan atau ribuan afiliasi yang menayangkan iklan produknya di website-website lain (Viral, Lokal PPC, Directory Website, dll)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline