Lihat ke Halaman Asli

Ikrar sang Pendekar (48), Memupus Dendam

Diperbarui: 17 Agustus 2024   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Tri Handoyo

Oleh: Tri Handoyo

Begitu memasuki halaman padepokan, mereka disambut oleh puluhan murid berseragam Benteng Naga yang berwarna hijau, berbaris di kiri kanan dokar layaknya prajurit yang siap tempur.

Arum meloncat dari dokar dan begitu menerima laporan mengenai kondisi ayahnya, dia langsung berlari menemuinya. Tulus masih menyimak penjelasan panjang lebar dari para murid senior, sebelum akhirnya menyusul istrinya masuk ke dalam rumah.

Mpu Naga kembali siuman, seolah dia bisa merasakan kehadiran putrinya. "Arum..!"

"Iya, ayah!" jawab Arum dengan air mata tak terbendung.

"Mana suamimu?" tanya Mpu Naga.

Tulus maju dan duduk di samping Arum, "Saya di sini, Ayah!"

"Jaga diri kalian baik-baik!" pesan Mpu Naga dengan suara lemah. Setelah kesempatan yang terakhir kali untuk menatap wajah anak dan menantunya terpenuhi, mantan prajurit Maapahit itu menghembuskan nafas terakir dan menutup mata untuk selamanya. Sore itu juga ia dimakamkan di pemakaman keluarga, di dalam area padepokan.

Pertempuran yang terjadi di pelosok dunia mana pun, dengan dalih apa pun yang membungkusnya, semacam perjuangan membela kehormatan negara, membela kehormatan agama, membela kehormatan suku, keluarga, bahkan membela sebuah harga diri, tetap saja sesungguhnya hanya demi melampiaskan kebencian dan dendam. Semua itu pada akhirnya akan sesuai pepatah, 'Kalah jadi abu, menang jadi arang'.

Semua pertempuran dengan dalih indah itu tidak terlepas dari sebuah kepentingan. Kepentinganku, kepentingan sukuku, kepentingan agamaku, kepentingan kerajaan dan bangsaku. Kepentingan yang sesungguhnya seringkali tidak disadari bersumber dari dalam diri kita sendiri, yakni kepentingan hawa nafsu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline