TRI FUJI LASTARI,S.Pd
SMP NEGERI 32 OKU
CGP ANGKATAN 10
Jurnal Refleksi Dwi mingguan Modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak dengan model refleksi 4F (Fact, Feeling, Findings, Future)
Dan berikut ulasan jurnal refleksi dwimingguan modul 1.3. Visi Guru Penggerak.
Fact (Peristiwa)
Pada hari Rabu, 24 April 2024, saya juga ada pendampingan individu dengan pengajar praktik (PP) yaitu Bapak Yudi Rudi S.Pd, S.E, M.E Pendampingan itu berlangsung selama 3 jam, dimulai sekitar pukul 08.00 sampa pukul 11.00. Dalam pendampingan individu ini mendapatkan banyak arahan daan masukan untuk kemajuan CGP dalam penerapan keseharian di sekiolah. Penerapan falsafah KHD di lingkungan sekolah dan penularan ke teman sejawat. Kendala-kendala yang saya hadapi, mendapatkan masukan dari Pak Yudi membuat saya mulai merencanakan setiap pembaharuan pembelajaran di tahun pembelajaran selanjutnya.
Pada tanggal 4 April 2024, saya mengikuti kegiatan lokakarya 1 di SD Negeri 11 OKU dari jam 07.30 sd jam 15.30 WIB. dalam lokakarya tersebut saya mendapat pembelajaran tentang menggerakkan komunitas praktisi. Penerapan di sekolah, setiap CGP diharapkan mampu membuat komunitas praktisi di sekolahnya dan komunitas praktisi itu yang dapat memainkan peran, memajukan sekolah dan program CGP dapat ditindaklanjuti. Kegiatan tersebut didampingi oleh dua pengajar praktik yaitu Pak Yudi dan Pak Eka. Kegiatan berjalan lancar dan sesuai harapan.
Untuk kegiatan di LMS dimulai hari Kamis, 25 April 2024 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dari modul 1.3 saya belajar tentang :
Mulai dari diri yaitu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuh kembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dari mulai dari diri ini calon guru penggerak diminta untuk memaparkan refleksi mandiri 1 yaitu membuat "gambar" yang bertemakan "Imajiku tentang murid di masa depan". Dengan membuat satu gambar mengenai murid yang di dambakan 5-10 tahun mendatang, refleksi mandiri 2 yaitu melengkapi kalimat rumpang yang diantaranya dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang di idam-idamkan, refleksi mandiri 3 yaitu menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing-masing.
Eksplorasi konsep. Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun secara diskusi melalui LMS. Di eksplorasi konsep ini setidaknya ada 9 poin yang dibahas yaitu poin pertama dibuka dengan sebuah puisi karya Ir. Soekarno "Aku Melihat Indonesia" serta narasi visi mengenai murid dan lingkungan belajar di masa depan yang diimpikan, membahas lanjutan mengenai visi, bagaimana mewujudkannya dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif.