TRI FUJI LASTARI,S.Pd
SMP NEGERI 32 OKU
CGP ANGKATAN 10
Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 1.2 Model Segitiga Refleksi
Setelah pembelajaran modul 1.2, saya akhirnya memahami bahwa bagaimana seseorang bisa tergerak, bergerak, dan menggerakkan. Manusia bisa tergerak karena beberapa faktor yaitu: Cara kerja otak (sistem berpikir cepat dan sistem berpikir lambat), 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh kembang anak menurut KHD, dan tahap perkembangan psikososial Erik Erikson.
Setelah pembelajaran modul 1.2, saya akhirnya mampu menumbuhkan dan menguatkan motivasi intrinsic dalam diri saya, mengenali dan memahami nilai- nilai guru penggerak yang ada dalam diri saya, menumbuh kembangkan dan menguatkan nilai- nilai yang masih samar dalam diri, menjadi pemimpin pembelajaran untuk mewujdkan profil pelajar Pancasila, dan membiasakan kegiatan refleksi pembelajaran.
Perasaan saya setelah mempelajari modul 1.2 saya merasa senang menjadi bagian dari program guru penggerak, sehingga saya mampu menemukenali, memahami, dan menumbuhkembangkan nilai- nilai guru penggerak yang ada dalam diri saya untuk menjadi pemimpin pembelajaran dan mewujudkan profil pelajar Pancasila.
Setelah pembelajaran modul 1.2, target saya berikutnya adalah menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid (student oriented). Saya mampu berkolaborasi dengan teman sejawat, berbagi praktik baik, dan membangun ruang diskusi positif. Selain itu saya juga melakukan refleksi pembelajaran sebagai bahan perbaikan pada pembelajaran yang akan datang. Saya juga berusaha untuk melakukan inovasi pembelajaran baik metode maupun medianya. Saya berharap bisa konsisten dengan rencana saya agar berjalan dengan tertib.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H