Pada zaman sekarang ini sulit meningkatkan keuntungan bisnis kita dikarenakan selera konsumen yang semakin cepat berubah dan semakin banyaknya kompetitor yang menyebabkan susahnya untuk meningkatkan penjualan produk/jasa bisnis kita, sebagai pengusaha kita pasti ingin meningkatkan keuntungan bisnis kita salah satu cara yang dapat kita gunakan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan kepada produk kita.
Apa sih kepuasan pelanggan itu ?
Kepuasan pelanggan adalah skala ukuran yang digunakan untuk menentukan apakah nilai produk kita sudah sesuai dengan harapan konsumen saat produk tersebut sampai ke tangan mereka atau bisa juga dikatakan sebagai tanggapan pelanggan bahwa terpenuhinya kebutuhannya yang berasal dari produk bisnis kita.
Mengapa kepuasan pelanggan begitu penting ?
Hal tersebut menjadi penting karena untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kita yang menyebabkan mereka cenderung bersedia membeli produk tersebut dengan harga yang wajar dapat meningkatkan penjualan produk kita sehingga keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan secara alami akan ikut mengalami peningkatan dan kemungkinan besar akan pelanggan membeli ulang produk tersebut.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang bisa kita lihat yaitu :
a. Kualitas pelayanan yang disediakan
Pelayanan seringkali menjadi kunci penting dalam menentukan kepuasan pelanggan karena walaupun produk kita bagus tetapi pelayanan yang diberikan buruk bisa jadi konsumen akan pindah ke kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik walaupun dengan harga yang bisa jadi lebih mahal daripada produk kita.
b. Kualitas produk /jasa
Kualitas produk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan karena kualitas produk merupakan ekspektasi dari konsumen terhadap produk yang kita buat dan juga menjadi pembeda produk/jasa kita dari kompetitor lainnya.
c. Penetapan harga