Lihat ke Halaman Asli

3 Tips Keselamatan Charger Handphone

Diperbarui: 17 Juni 2015   21:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tips keselamatan charger handphone

TRIDINEWS. Dengan semakin menjamurnya pengguna smartphone, maka charger untuk mengisi ulangpun menjadi perangkat vital yang wajib dibawa. Namun melihat banyaknya laporan dan berita yang memberitahukan beberapa jumlah kecelakaan yang disebabkan oleh charger smartphone, ada baiknya kita memastikan apakah charger yang kita beli sudah memenuhi standar keamanan. Lebih baik kita mengeluarkan uang berlebih saat membeli charger daripada membeli charger yang murah namun belum tentu bisa berfungsi dengan baik dan lebih buruk berpotensi menyebabkan kecelakaan, dimana anda harus mengeluarkan uang lebih banyak nantinya.

  1. Bagian Plug / Colokan

Periksa apa bagian plug dapat menempel dengan baik ketika dicolokkan kedalam steker. Bagian plug yang renggang berarti ukuran plug dengan steker tidak cocok dan harus diganti. Plug yang renggang berpotensi mengakibatkan overheat ataupun masalah teknis lain seperti percikan listrik yang berbahaya. Bagian slot yang menghubungkan charger ke smartphone juga harus diperiksa dengan alasan yang sama.

  1. Marking

-Lihat nama perusahaan, nomor kode, serta batch number -Lihat output charger serta sesuaikan dengan gadget -Lihat apa sudah memiliki standar keselamatan yang sesuai. Namun, ada baiknya tetap waspada karena pernyataan standar keamanan dapat dengan mudah dibuat oleh perusahaan dan melupakan artinya.

  1. Instruksi Keselamatan dan Peringatan

-Baca buku atau catatan manual yang terdapat dalam kotak charger -Selalu baca buku petunjuk setiap kali membeli charger baru

  1. Lain – Lain

-Jauhkan charger dari sumber air -Jangan memegang charger dengan keadaan tangan yang basah -Lakukan pemeriksaan berkala terhadap kondisi steker listrik dirumah -Jauhkan dari jangkauan anak – anak -Gantilah charger anda secara berkala -Buanglah charger lama yang tidak terpakai atau yang sudah outdate Baca Juga :

16 Tips Sederhana Untuk Menghemat Energy

Teknologi Masa Depan Yang Berkelanjutan Untuk Planet Bumi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline