Lihat ke Halaman Asli

Potret Inframerah untuk Deteksi Hal yang Tidak Terduga

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Inframerah Untuk Deteksi Hal Yang Tidak Terduga

TRIDINEWS. Pepatah: “Apa yang Anda tidak lihat tidak dapat menyakiti Anda” benar dalam beberapa situasi, tapi hal itu tidak berlaku untuk pemeliharaan pabrik. Apa yang Anda tidak anda lihat tidak hanya bisa menyakiti Anda, tapi juga dapat menyakiti anggaran Anda, penjadwalan Anda, produktivitas Anda, dan kadang-kadang bahkan anggota Anda. Hal-hal yang tidak dapat anda lihat menyebabkan segala sesuatu dari masalah intermiten kecil yang memperlambat segalanya dan kualitas, dan juga peristiwa besar yang dapat mengambil seluruh operasi Anda. Pada kenyataannya, setiap hari memiliki risiko yang tidak Anda diketahui: “Apa yang akan rusak hari ini dan seberapa besar kerumitannya?” Esai foto dibawah ini memberikan penampakan k dalam realitas alternative, dimana Anda dapat melihat masalah sebelum mereka menjadi besar. Alat yang memungkinkan ini adalah sebuah thermal imager, juga disebut kamera infra merah. Seperti yang Anda lihat, perbedaan suhu seperti yang terlihat pada thermal imager dapat segera mengidentifikasi masalah yang akan datang. Anda hanya perlu tahu apa yang harus dicari.

1

Gambar 1: Variasi suhu yang berwarna-warni, dan mereka juga sangat berguna dalam membasmi masalah seperti masalah peralatan sekering yang ditampilkan di sini.

2

Gambar 2: Gambar termal tidak merata ini menyoroti benar beroperasi koil pemanas di pabrik kertas. Variasi panas jelas berarti mereka harus membuang setidaknya seluruh gulungan kertas.

3

Gambar 3: Masalah keselarasan kopling menyebabkan pemanasan abnormal pada kedua sisi motor dan sisi beban. Jika Anda melihat dari dekat, gambar inframerah bahkan mengambil goyangan di kopling.

4

Gambar 4: Kadang-kadang masalah mengintai ditempat tinggi, di mana mereka sulit untuk dideteksi. Dalam hal ini thermal imager menunjukkan bantalan rol lengket yang telah dipanaskan dan menciptakan hambatan pada ban berjalan dan beban ditambahkan pada motor conveyor.

5

Gambar 5: Perbedaan warna antara komponen sama yang semuanya melakukan pekerjaan sama, merupakan indikator masalah. Karena dua dari tiga kompresor terlihat sama, itu berarti masalah terletak dengan kompresor ketiga (di belakang).

6

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline