pandemi COVID-19 yang merebak di negara-negara, upaya isolasi dan self-distancing pun gencar dilakukan oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah (work from home), sekolah dan perkuliahan dipindah ke online, dan masyarakat semakin menolak untuk pergi ke tempat umum dan kerumunan. Namun masyarakat tetap perlu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan di sinilah COVID-19 berdampak pada e-commerce.
Apa itu e-commerce?
E-commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia Perdagangan Secara Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. e-commerce sendiri makian kian berkembang beberapa tahun belakangan ini dan secara perlahap menggantikan toko tradisional ( Offline ).
Melakukan penjualan via e-commerce adalah pilihan yang tepat karena dengan semakin berkembangnya e-commerce di Indonesia, menjadi peluang yang cukup besar bagi bisnis. Selain itu, berjualan lewat e-commerce juga lebih mudah dibandingkan harus membangun website sendiri yang akan membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar.
E commerce di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet dan juga smartphone, binsis e commerce ini menjadi salah satu platform jual beli yang dapat diandalkan oleh pemilik bisnis online. Seperti yang kita ketahui, platform e commerce di Indonesia sudah semakin beragam. Melihat semakin banyaknya pemilik bisnis online yang menggunakan platform ini, maka dibutuhkan beberapa cara agar bisnis tetap dapat bersaing dengan bisnis yang lain.
Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce
Berikut ini merupakan cara untuk mengembangkan bisnis e-commerce antara lain:
1. Optimalkan layanan pelanggan
Kualitas layanan pelanggan bisa mencerminkan seberapa profesional produk tersebut. Tonjolkan layanan pelanggan yang baik untuk pelanggan setia. Intinya adalah membuat pelanggan merasa istimewa.
Berikan layanan pelanggan yang berkualitas seperti: