Lihat ke Halaman Asli

Tri Cahaya

Nama lengkap Tri Nor Cahyowati umur 20 tahun.

Wajib Tahu, Ini Bahaya Tidur di Pagi Hari

Diperbarui: 5 September 2021   12:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Waktu tidur memegang peranan penting bagi kesehatan tubuh. Kebutuhan tidur seseorang berbeda beda tergantung dari pekerjaan, gaya hidup, ataupun kondisi kesehatan. Akan tetapi rata rata orang dewasa memerlukan waktu tidur kurang lebih sekitar tujuh hingga sembilan jam perharinya.

Secara alami tubuh memberikan sinyal untuk tidur pada malam hari, dengan efek gelap sehingga mendorong rasa mengantuk sehingga tertidur dengan pulas. Pola tidur yang benar adalah ketika tubuh mulai merespon untuk mengantuk dan tertidur dalam waktu kurang lebih 15 menit setelah berbaring di atas tempat tidur dan bangun dalam keadaan yang lebih segar dan bertenaga.

Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah tidur dipagi  hari. Padahal pada waktu ini adalah waktu yang tidak tepat untuk tidur dan memiliki efek yang buruk dan negatif bagi kesehatan tubuh.

Berikut merupakan efek buruk dari tidur di pagi hari.

  1. Badan menjadi lesu dan lemas.

Pola tidur yang salah mengakibatkan kekacauan metabolisme yang membuat tubuh menjadi lemas, lesu dan juga kurang bersemangat dalam beraktivitas.

2. Sakit kepala.

Disebabkan oleh pola tidur yang terlalu lama, termasuk saat pagi hari. Cairan serebrospinal akan terus mengalir ke otak dan menyebabkan sakit kepala. Cairan serebrospinal adalah cairan yang terdapat di sekitar otak dan sumsum tulang belakang yang berfungsi untuk melindungi otak dan tulang belakang ketika benturan terjadi. Kelainan cairan ini bisa menyebabkan kepala membesar, pusing, dan bahkan meradang.

3. Menjadi tidak semangat dalam beraktivitas.

Terbiasa tidur di pagi hari juga dapat mengacaukan sistem metabolisme dan ritme sirkadian tubuh sehingga energi tidak dapat dikelola dengan baik dan mengurangi semangat untuk beraktivitas. Sebaliknya bila kita tidur dengan benar dan teratur, maka kita akan bangun di pagi dengan segar dan semangat dalam melakukan aktivitas.

4. Mudah lupa dan sulit berkonsentrasi.

Kekurangan waktu istirahat yang berkualitas juga dapat menyebabkan gangguan pada kinerja otak. Beberapa hal yang dapat dialami yaitu mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi.

5. Meningkatnya sel darah putih / leukosit.

Tidur di pagi hari juga menyebabkan peningkatan kadar sel darah putih atau leukosit. Hal ini menyebabkan seseorang lebih rentan terkena penyakit kanker darah.

6. Mudah sakit.

Kebiasaan tidur pagi hari disebabkan karena kurangnya waktu tidur saat malam hari. Hal ini menyebabkan terjadinya gangguan hormon insulin dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit diabetes. Dilansir dari Wikiledia , insulin adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain merupakan "efektor" utama dalam homeostasis karbohidrat, hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak dan protein – hormon ini bersifat anabolik yang artinya meningkatkan penggunaan protein. Penyakit lain yang dapat terjadi karena kebiasaan buruk ini adalah jantung, kanker, anemia, dll.


Nah guys sudah tahu kan berbagai efek buruk dari tidur di pagi hari. Salah satu penyebab kita sering tidur di pagi hari yaitu pola tidur yang kurang baik, sehingga membuat kita selalu merasakan kantuk di pagi hari. Padahal kan efeknya sangat tidak baik bagi kesehatan.

Nah aku punya tips nih supaya kita bisa bangun dengan segar dan tidak mengantuk saat di pagi hari.

1. Jangan begadang.

Salah satu pemicu kebiasaan tidur di pagi hari adalah begadang. Begadang menyebabkan waktu tidur kita menjadi kurang, efeknya membuat kita selalu merasa mengantuk di pagi hari. Hal ini lah yang mendorong kita untuk tidur saat ini. Jadi ingat mulai sekarang kurangi atau berhentilah untuk begadang. Begadang juga dapat menyebabkan kita mengalami insomnia ( susah tidur ).

2. Mematikan lampu sebelum tidur.

Nah sebelum tidur jangan lupa untuk mematikan lampu sebelum tidur, bila tak suka dengan kegelapan kalian bisa menggunakan lampu tidur. Hal ini dipercaya dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih rileks sehingga saat terbangun di pagi tubuh menjadi lebih segar dan siap beraktivitas.

3.  Tidur dengan posisi ternyaman.

Posisi yang nyaman dan tempat yang nyaman juga berpengaruh terhadap kualitas tidur kita. Untuk itu ciptakanlah suasana yang nyaman di kamar anda dan gunakanlah posisi ternyaman agar lebih rileks. 

4. Minum air putih setelah bangun.

Kelelahan merupakan gejala klasik dehidrasi, bahkan kasus ringan pun dapat memicu perasaan kantuk, perubahan kemampuan kognitif, dan gangguan mood.Biarkan segelas air menyegarkan seluruh tubuh setelah terbangun atau sebelum memulai kegiatan.

5. Mandi dengan air dingin.

Mandi air dingin merupakan salah satu cara menghilangkan ngantuk di pagi hari. Sehingga akan terasa lebih segar sepanjang hari.

Namun jika kalian memiliki alergi terhadap air dingin, coba dimulai dengan mencuci muka. Cara ini dapat membuat mata lebih terbuka di pagi hari dan perlahan membantu energi lebih terisi


Nah itulah beberapa informasi penting untuk kita semua. Mulai sekarang yuk kita perbaiki kualitas tidur kita agar menjadi lebih bersemangat saat menjalani aktivitas. Dan ingat hindari kebiasaan buruk tidur di pagi hari ya guys. Semoga bermanfaat untuk kita semua.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline