Buku Philosophy of Education karya T.W. Moore merupakan salah satu karya klasik dalam bidang filsafat pendidikan. Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1982 dan telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.
"Philosophy of Education" adalah sebuah karya yang menggali esensi dan prinsip-prinsip fundamental dalam pendidikan. Buku ini ditulis oleh T.W. Moore dengan fokus pada pemahaman filosofis tentang pendidikan serta bagaimana filosofi ini membentuk landasan pendidikan modern. Moore menjelaskan bahwa pendidikan tidak hanya tentang menyampaikan informasi, tetapi juga tentang membentuk individu secara menyeluruh. Dia menyoroti pentingnya filosofi dalam membentuk metode pengajaran, kurikulum, dan pendekatan terhadap siswa.
Dalam karyanya, Moore merangkum berbagai pendekatan filosofis terhadap pendidikan, mulai dari filsafat idealisme hingga pragmatisme. Ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan kunci tentang tujuan pendidikan, peran guru, dan proses belajar mengajar yang mempengaruhi perkembangan siswa secara moral, intelektual, dan emosional.
Buku ini juga mengulas kontribusi pemikir-pemikir besar dalam sejarah filosofi pendidikan, seperti John Dewey, Jean-Jacques Rousseau, dan Immanuel Kant. Moore secara jelas menjelaskan bagaimana pemikiran-pemikiran mereka membentuk pemahaman kita tentang pendidikan saat ini.
Dengan gaya penulisan yang jelas dan mendalam, "Philosophy of Education" oleh T.W. Moore memberikan gambaran menyeluruh tentang bagaimana filosofi berperan dalam membentuk pendidikan, menyoroti relevansi konsep-konsep filosofis dalam konteks pendidikan modern.
Dalam buku ini, Moore membahas berbagai aspek penting dalam filsafat pendidikan, mulai dari tujuan pendidikan, isi pendidikan, metode pendidikan, hingga evaluasi pendidikan. Moore menggunakan pendekatan filsafat analitik dalam pembahasannya, sehingga buku ini mudah dipahami oleh pembaca umum.
- Tujuan Pendidikan
Menurut Moore, tujuan pendidikan adalah untuk mengembangkan potensi manusia secara optimal. Potensi manusia mencakup potensi intelektual, moral, estetis, dan fisik. Pendidikan harus membantu manusia untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut agar dapat hidup secara bermakna dan bahagia.
- Isi Pendidikan
Isi pendidikan harus mencakup berbagai bidang pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan potensi manusia. Moore membagi isi pendidikan menjadi tiga kategori, yaitu:
Pengetahuan teoretis, yaitu pengetahuan tentang dunia dan alam semesta. Pengetahuan teoretis penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah.
Pengetahuan praktis, yaitu pengetahuan tentang cara-cara melakukan sesuatu. Pengetahuan praktis penting untuk mengembangkan kemampuan bertindak secara efektif.
Pengetahuan artistik, yaitu pengetahuan tentang keindahan dan seni. Pengetahuan artistik penting untuk mengembangkan kepekaan terhadap keindahan dan kreativitas.
- Metode Pendidikan