Lihat ke Halaman Asli

Trian Jeneri

Mahasiswa Sistem Informasi

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Diperbarui: 20 Maret 2022   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

1.PAN(Personal Area Network)

PAN atau Personal Area Network adalah jaringan telekomunikasi dalam jarak yang sangat dekat antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Pengendalian jaringan PAN dilakukan dengan kewenangannya sendiri.

Fungsi PAN(Personal Area Network)

Jaringan PAN sangatlah sempit atau hanya memiliki area yang sangat dekat bahkan tidak bisa sampai melalui lintas ruangan apalagi lintas berbeda gedung hanya dalam satu lantai saja,jika selisih dari lintas lantai maka tidak bekerja.

Kelebihan & Kekurangan PAN (Personal Area Network)

Kelebihan dari PAN 

Jaringan yang sangat dekat sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya bahkan bisa diinstar sendiri sebab kebutuhan dari perangkat tersebut sangat terbatas dan umum digunakan dalam keseharian.

Kekurangan dari PAN

Jaringan pan tidak dapat didukung dengan komunikasi jarak jauh,bahkan jaringan ini belum bisa diakses antar lantai dalam satu gedung.lalu sangat berpengaruh pada sinyal yang diterima,jika jaringan yang digunakan sangat buruk maka kamu tidak bisa mengakses apapun atau lemot.dengan luas area yang terbatas sehingga tidak bisa menghubungkan computer yang terpisah dari jarak yang jauh

2. LAN(Local Area Network)

LAN atau yang biasa di sebut Local Area Network adalah jaringan yang memiliki area lokal saja,LAN bisa dibilang sekumpulan jaringan yang saling berhubungan dari suatu jaringan melalui media yang sama.LAN menghubungkan beberapa komputer terdekatnya saja seperti didalam kantor,rumah,sekolah dan area kecil lainnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline