Lihat ke Halaman Asli

Mendekati Bulan Suci Ramadhan Harga Cabai Naik di Pasaran

Diperbarui: 12 Maret 2024   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Menjelang memasuki bulan ramadhan ternyata harga sembako di pasar tradisional meningkat drastis yang di sebabkan oleh gagalnya panen saat musim kemarau kemarin.

Menurut salah seorang penjual sayuran di pasar tradisional Cicalengka Kabupaten Bandung Siti mengatakan, bahwa harga cabai di pasar tradisional sekarang sudah hampir mencapai 100 ribu perkilo, hampir satu bulan sampai sekarang 

"kenaikan harga ini sudah lama terjadi, hampir satu bulan dengan harga yang mulai dari 90 ribu sampai 100 ribu perkilo," 

"Paling murah dulu 20 ribu rupiah, tapi sekarang kenaikannya hampir 5 kali lipat dari harga normal," kata Siti, Selasa (20/2/2024).

Adapun ketersediaan pasokan sembako di pasar kata Siti dinilai menurun, karena disebabkan oleh musim kemarau dan musim penghujan.

Sehingga, harga cabai merah, cabai hijau, bawang merangkak naik disebabkan oleh musim penghujan karena mengakibatkan banyak barang yang kurang bagus. Membuat kesediaan kurang dan harga pun menjadi meningkat, karena musim hujan susah menghasilkan yang bagus, ujarnya.

Ia berharap, menjelang bulan ramadhan harga sembako di pasar-pasar tradisional bisa kembali normal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline