Lihat ke Halaman Asli

Tri Anggara

ASN Guru

Koneksi Antar Materi Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak

Diperbarui: 10 September 2022   08:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1

KONEKSI ANTAR MATERI 2.1

Calon Guru Penggerak memasuki modul 2.1 yakni memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Murid memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, serta kebutuhan belajar yang beraneka ragam. Untuk itu dalam Modul 2.1 ini Calon Guru Penggerak dapat memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal (common sense) yang dibuat oleh guru yang berorientasi pada kebutuhan murid.

Menurut Tomlinson (2001:45) pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid.

Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan belajar tersebut.

Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul "How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom" menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid paling tidak berdasarkan tiga aspek antara lain kesiapan belajar (readiness) murid, minat murid, profil belajar murid.

Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan di dalam kelas dengan terlebih dahulu melakukan identifikasi atau pemetaan kebutuhan belajar murid berdasarkan tingkat kesiapan belajar untuk memodifikasi tingkat kesulitan pada bahan pembelajaran sehingga dipastikan murid terpenuhi kebutuhan belajarnya (Joseph, Thomas, Simonette & and Ramscok (2013:29)

Setelah melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid, guru menentukan langkah-langkah kegiatan, menentukan media dan produk yang akan dihasilkan oleh murid sesuai dengan minat dan profil belajar murid.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline