Lihat ke Halaman Asli

Trian Ferianto

TERVERIFIKASI

Blogger

Teknik 'Secangkir Kopi' Pengganti Semua Tips Produktivitas dan Self Development

Diperbarui: 18 Desember 2023   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Ilustrasi dari canva diolah oleh penulis

Tips ini saya tuliskan setelah membaca (mungkin) hampir puluhan bahkan ratusan buku teknik produktivitas dan self development yang beredar. Sebutkan saja yang Anda pikirkan: Subtle Art of Not Giving a F*ck, Eat The Frog!, Kiss The Frog!, How to Win Friends and Influence People, Deep Work, Start with Why, Secret of Devine Love, The 7 Habits of Highly Effective People, The Atomic Habit, dll. You name it! Sudah saya simak dan coba praktikkan. Kesimpulan penting dari semuanya apa? AKSI!

Ya benar, kita baca ratusan buku pun jika tidak ada aksi yang kita lakukan, kita akan tetap berada di mana kita awal membaca buku-buku tersebut. Aksi lah yang membedakan kita sekarang dengan kita kemarin. Aksi lah yang membawa kita sejengkal menuju sesuatu yang kita impikan. Aksi lah yang yang kemudian menjadikan kita puas dengan kehidupan kita sekarang.

Kita ingin jadi penulis, aksinya adalah menulis. Kita ingin jadi illustrator, aksinya adalah membuat sketsa. Kita ingin badan bugar, aksinya adalah diet dan olahraga. Kita ingin menguasai suatu skill, aksinya adalah berlatih. Kita ingin bisa berenang, aksinya adalah turun ke kolam renang.

Jika Anda sampai pada tulisan ini, saya yakin Anda pun sudah membaca puluhan tips produktivitas dan self development. Menghabiskan puluhan jam waktu menonton youtube tips & trik, dan masih terus mencari dan mencari teknik apa yang paling mutakhir dan efektif. Ya, berarti Anda sama seperti saya. Mulai letih dan coba berhenti untuk bertanya sebenarnya apa yang paling efektif? Ternyata kunci dari semuanya adalah BERAKSI!

Begini caranya...

Mari kita mulai dulu dengan proyek-proyek besar yang kita miliki. Menyelesaikan thesis/skripsi, menyusun laporan tahunan, membentuk otot tubuh, mengurangi berat badan, berhenti merokok, menulis naskah buku, menjadi youtuber, menjadi lebih menarik, mendapatkan pasangan, atau apapun misi besar yang mau Anda selesaikan. Saya yakin Anda pun sudah tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Yang membedakan hanyalah, kita tidak segera melakukan aksi-aksi tersebut!

Kita tahu, tapi berat untuk melakukan. Kita tahu tapi enggan memulai. Kita sudah hafal caranya, tapi tidak mau melaksanakan.

Di situlah problemnya!

Maka, mari kita bersama-sama menyusun aksi kecil yang bisa kita mulai saat ini juga tanpa nanti tanpa tapi. Desainlah sebuah 'katak' yang bisa kita makan dalam sekali duduk (meminjam istilah dalam buku Eat that frog!). Pecahlah misi besar Anda menjadi satu aksi kecil yang bisa kita lakukan dengan segera dan cepat!

Ilustrasi teknik aksi secangkir kopi | Sumber: canva diolah penulis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline