Lihat ke Halaman Asli

Trian Ferianto

TERVERIFIKASI

Blogger

Cara Mudah Menjadi "Pemain" di Era Teknologi Informasi bagi Orang Awam [Gratis Kupon Belajar]

Diperbarui: 15 April 2021   04:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wordpress bisa dijadikan pintu masuk menjadi pemain di dunia Teknologi Informasi | Dok. unsplash.com

Dewasa ini, apa-apa teknologi. Terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komputasi. Apalagi dengan adanya internet, semua semakin terhubung dan tidak bisa mengelak lagi dari kepungan produk-produk teknologi komputasi. Sayangnya, kebanyakan kita hanya menjadi konsumen saja. Tidak banyak yang memiliki skill yang dibutuhkan sehingga bisa menjadi salah satu pemain di dalamnya.

Padahal era juga sudah berubah, termasuk perkembangan teknologi juga memungkinkan kita yang tidak memiliki skill programming, tetap bisa menjadi pencipta salah satu produk yang biasa diproduksi para technology geek semisal website dan aplikasi.

Ini yang tidak banyak orang sadari dan ketahui. Tanpa pengetahuan tentang coding dan bahasa pemrograman, kita sebenarnya tetap bisa membuat website dan aplikasi yang bisa digunakan oleh orang lain. Pada ujungnya, kita dapat menjual jasa atas skill ini kepada orang lain atau membantu pertumbuhan bisnis kita. Atau sebagai nilai tambah dalam portofolio karir dengan memanfaatkan kesaktian teknologi.

Saya pun demikian. Hingga kini, saya belum bisa dikatakan mahir bahasa pemrograman satu pun! Namun di sisi lain, saya sudah bisa mengklaim diri mampu menjadi seorang web developer dan web app developer

Ini bukan asal klaim, namun kemampuan otak-atik gathuk ini telah memudahkan saya membuat puluhan website dengan beragam fungsi mulai dari toko online, forum interaktif, media pembelajaran, online course, knowledge management system, hingga yang terbaru: membuat aplikasi pemantauan penanggulangan COVID-19.

web app pemantauan penanggulangan COVID-19 menjadi berita di halaman depan surat kabar

 

Yang terakhir ini kemudian menjadi daya pengungkit yang mengantarkan saya menjadi salah satu juara kompetisi pegawai berprestasi nasional di tempat saya bekerja. Dan perlu dicatat lagi: saya tidak memiliki kemampuan programming!

Tampilan muka salah satu website yang saya bangun menggunakan wordpress | Dok. Trian Ferianto

'Trik' ini tidak banyak orang ketahui. Atau jika pun sudah memiliki, kemungkinan jarang untuk dibagikan sehingga membuat orang yang sebenarnya mau belajar, sudah takut duluan masuk ke dunia web developing karena harus berhadapan dengan bahasa pemrograman yang memang tidak mudah untuk dikuasai.

Rahasia ampuh untuk memulai menjadi tech geek tanpa perlu pusing belajar pemrograman adalah dengan cara menguasai Wordpress. Skill mengoperasikan wordpress ini bisa Anda jadikan sebagai target menambah skill selama Ramadan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline