Lihat ke Halaman Asli

Tri Andjarwati

Prof. Dr. Dra Tri Andjarwati., M.M

Pelatihan Olahan Produk Makanan Berbahan Dasar Jamur

Diperbarui: 5 Juni 2024   12:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

"Pelatihan Olahan Produk Makanan Berbahan Dasar Jamur dalam rangka Penguatan dan Ketahanan Ekonomi Masyarakat Perkotaan bagi Anggota Kelompok Tani "Elok Mekar Sari""

UMKM merupakan dari usaha yang terdiri dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Pada dasarnya, UMKM adalah arti usaha atau bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, badan usaha kecil, maupun rumah tangga. Indonesia sebagai negara berkembang menjadikan UMKM sebagai pondasi utama sektor perekonomian masyarakat, hal ini dilakukan untuk mendorong kemampuan kemandirian dalam berkembang pada masyarakat khsusunya dalam sektor ekonomi. Salah satunya yaitu mengadakan pelatihan pengabdian masyarakat pada kelompok Tani "Elok Mekar Sari".

Tani "Elok Mekar Sari" merupakan kelompok yang di dirikan oleh Rukun Warga (RW) 08 Kelurahan Semolowaru Kec. Sukolilo Surabaya sebagai lembaga kemasyarakatan dan mitra Pemerintah Daerah yang memiliki peranan sangat besar dalam memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan kemasyarakatan yang berdasarkan swadaya, kegotong royongan dan kekeluargaan dalam rangka meningkatkan ketentraman dan ketertiban serta ketahanan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Kegiatan yang dilakukan RW memiliki tugas menyusun rencana dan membantu melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat di wilayah kerja nya.

Kelompok Tani Elok Mekar Sari merupakan wadah berkumpulnya warga yang juga menjadi kader lingkungan diwilayah RW 08 Kelurahan Semolowaru yang siap dan sigap dalam mengelola lahan yang masih kosong dibelakang Balai RW 08 dan belum maksimal pengolahannya. Kelompok tani ini merupakan kelompok swadaya warga yang tergabung dan tumbuh berdasarkan keakraban, keselarasan serta kesamaan tujuan untuk meningkatkan produktivitas usaha dibidang pertanian serta usaha lainnya.

Berdasarkan keakraban, keselarasan dan kesamaan tujuan mendorong kelompok ini  serta didukung kesadaran dan keinginan yang kuat dalam membantu program pemerintah yaitu memberdayakan masyarakat dengan meningkatkan pendapatan keluarga khususnya di RW 08 Kelurahan Semolowaru maka warga yang juga kader lingkungan bersepakat membentuk kelompok yang diberi nama Kelompok Tani Elok Mekar Sari yang berdiri pada tanggal 14 Desember 2011 dengan memanfaatkan lahan fasum RW 08 untuk Rumah Jamur, Budidaya Lele, Budidaya Jangkrik dan aneka tanaman pangan lainnya.

Dengan adanya pemberdayaan lahan untuk melestarikan UMKM kelompok tersebut maka diperlukannya pasar dalam bidang teknologi yang kuat dikarenakan akan memicu perkembangan pasar yang nantinya bakal dikenal banyak orang seperti halnya dimasukkan ke dalam media sosial atau marketplace. Dengan adanya modifikasi yang unik dan bentuk inovasi dengan berbagai ragam packaging ataupun bahan olahan yang dibuat justru akan memicu banyaknya customer yang ingin membeli. Hal tersebut akan memberikan dukungan pada warga setempat bahwa UMKM yang telah dilaksanakan saat ini layak untuk kembangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline