Lihat ke Halaman Asli

Triana Putri

politeknik pariwisata medan

Panorama Aek Sijorni, Surga yang Tersembunyi di Tengah Keindahan Alam Sumatera Utara

Diperbarui: 15 Desember 2023   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kovermagz.com

Tidak hanya di Bali, ternyata Provinsi Sumatera Utara juga mempunyai air terjun unik. Air terjun yang unik ini disebut-sebut mirip dengan wisata yang ada di Ubud Bali. Coba Tebak apa nama air terjun unik yang ada di Provinsi Sumatera Utara? Ya, namanya Aek Sijorni.

Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi yang kaya akan keindahan alamnya, menyimpan sebuah surga tersembunyi yang patut untuk dijelajahi. Aek Sijorni merupakan wisata berupa air terjun dan kolam renang yang memiliki vibes seperti di Ubud Bali.  Wisata Aek Sijorni ini berlokasi di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Seputar Tentang Air Terjun Aek Sijorni

Air Terjun Aek Sijorni memiliki bentuk yang sangat unik, dimana airnya mengalir melalui bebatuan cadas yang berundak-undak tak karuan namun sangat cantik sekali. Air Terjun Aek Sijorni memiliki ketinggian sekitar 10 meter, kondisi airnya mengalir dengan derasnya dan berwarna putih bersih. Ditambah dengan hiasan beberapa pohon kelapa yang hadir di sekitarnya.

Objek wisata Aek Sijorni juga dilengkapi dengan kolam renang, sehingga pengunjung bisa bermain air di kolam renang atau di air terjun. Kolam renang ini terletak di samping air terjun.  Di sini terdapat jenis 2 kolam dengan kedalaman yang berbeda antara satu kolam dengan kolam lainnya. Terdapat kolam dengan kedalaman kurang dari 1 meter dan kolam yang lebih dalam. Kolam ini dilengkapi dengan beberapa wahana air seperti perosotan, ayunan hingga komidi putar mini.

www.karogaul.com

Untuk menuju Aek Sijorni terdapat beberapa rute yang bisa kamu lalui. Berikut rute menuju Aek Sijorni:

  • Rute menuju Aek Sijorni jika kamu berangkat dari Padang Sidempuan, membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan jarak tempuh kira-kira 30 km.
  • Sedangkan jika kamu bergerak dari pusat kota Medan akan memakan waktu perjalanan lebih lama lagi, yakni sekitar 12 jam perjalanan baik dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Setelah melalui perjalanan 12 jam dari Medan, perjuangan kamu belum selesai. Kamu harus tracking atau jalan kaki terlebih dahulu. Dari area parkir, harus melalui jembatan gantung di atas Sungai Sayur Matinggi. Setelah melewati jembatan gantung, kamu harus menaiki beberapa anak tangga dan jalanan yang cukup menanjak dan membutuhkan sekitar 100 meter untuk sampai ke Aek Sijorni.

Jam Buka Aek Sijorni

Jam buka Aek Sijorni setiap hari Senin sampai dengan Minggu

Beroperasional mulai pukul 07.00 - 18.00

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline