Lihat ke Halaman Asli

Triana Agustin

SISWA SMAN 1 SAMPANG

5 Tips Menghemat Paket Data di Tengah Pandemi Covid-19

Diperbarui: 20 Agustus 2020   07:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Di tahun 2020 ini kita tengah dilanda oleh virus yang sangat mematikan . Virus ini bernama CORONAVIRUS atau biasa disebut COVID-19 . Covid-19 ini hampir tersebar ke seluruh dunia. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang terkena penyebaran virus ini. 

Karena Covid-19 telah memakan banyak korban jiwa, maka dibeberapa negara yang terkena Covid-19 ini sedang menerapkan sistem lockdown. Pemerintah negara Indonesia pun juga menerapkan sistem ini.

Apa itu LOCKDOWN ? lockdown adalah situasi yang melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat. Lockdown juga bisa berarti negara yang menutup perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negaranya. 

Tujuan diterapkannya sistem lockdown ini adalah agar dapat memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Namun lockdown ini tidak selamanya baik ada juga dampak buruk dari lockdown tersebut. 

Akibat dari lockdown kita tidak dapat melakukan aktivitas yang biasanya kita lakukan seperti pergi bersekolah dan pergi bekerja. Agar aktivitas tersebut dapat berjalan seperti biasanya, maka pemerintah mengeluarkan peraturan agar masyarakat tetap bekerja dan sekolah di rumah dengan berbasis online atau daring, hal ini guna masyarakat tetap aman.

Tidak sedikit masyarakat yang mengeluhkan adanya pembelajaran atau bekerja dengan sistem online ini. Banyak masyarakat yang mengeluh karena sistem ini sangatlah tidak efektif, dan masalah yang paling utama adalah harga kuota yang sangat mahal sehingga banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah ini kepada pemerintah. Namun, hal ini bisa diatasi agar kuota yang kita miliki jauh lebih hemat dan yang pasti pengeluaran kita tidak sampai membengkak.

Berikut tips-tips menghemat paket data di tengah Pandemi Covid-19 :

  • Membatasi penggunaan paket data

Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke Menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di pojok kanan atas laman > Restrict Background data > Ok. 

Dengan begitu,kita dapat menggunakan data yang telah ditentukan. Dan apabila penggunaan data kita melebihi batas yang ditentukan, maka kita akan mendapatkan notifikasi/peringatan pada smartphone kita.

  • Matikan paket data saat tidak dipakai

Saat Smartphone tidak dipakai, ada baiknya kita matikan jaringan internet yang sedang aktif. Karena, ada beberapa aplikasi yang tanpa disadari berjalan/aktif di belakang sehingga dapat menguras paket data serta baterai hp kita.

  • Aktifkan fitur data Saver di Chrome

Agar tidak menghabiskan paket data kita, maka gunakanlah Chrome Data Saver. Caranya buka Chrome > Pilih Settings > Tab Advanced > Pilih Bandwidth > Pilih data Saver > Geser switch ON

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline