Lihat ke Halaman Asli

Menelusuri Upaya Lembaga Dakwah Khairu Ummah dalam Menyebarkan Nilai-Nilai Keagamaan di Masyarakat

Diperbarui: 19 Mei 2024   20:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jakarta - Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Dakwah (LPPD) Khairu Ummah merupakan sebuah lembaga dakwah yang sering mewadahi pelatihan-pelatihan mubalig, penerbitan buku-buku keislaman, dan juga pelatihan manajemen masjid yang berdiri sejak tahun 1992.

LPPD Khairu Ummah merupakan lembaga yang bergerak di bidang dakwah, Dakwah itu sendiri merupakan sebuah proses atau kegiatan menyampaikan ajaran dan pesan Islam kepada orang lain dengan tujuan mengajak mereka untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kata "dakwah" berasal dari bahasa Arab yang berarti "seruan" atau "ajakan".

Visi dari Lembaga Khairu Ummah ini adalah untuk menjadi unsur dan wadah yang melahirkan konsep pengembangan dakwah, pembinaan umat dan lembaga keumatan serta pelayanan dakwah, pendidikan dan sosial menuju kejayaan Islam dan Umatnya. Dan Misi dari Lembaga Khairu Ummah ini adalah:

1. Berjuang untuk mengembalikan peran da'i, muballigh, ustadz dan ulama pada barisan terdepan dalam menghadapi dan mengatasi problematika umat.

2. Berusaha menjadi konseptor pembinaan dan pengembangan dakwah, baik melalui lembaga, majelis ta'lim maupun masjid.

3. Berusaha memberikan pelayanan yang profesional dalam berbagai aktivitas dakwah, pendidikan dan sosial. 

Kiprah dari Lembaga Khairu Ummah dalam penyebaran dakwah patut di apresiasi, hal ini dikarenakan lembaga ini telah lama menjadi sebuah wadah dalam sebuah proses dakwah, berikut beberapa kiprah nya:

1. Pelatihan Mubaligh: LPPD Khairu Ummah secara rutin menyelenggarakan pelatihan mubaligh untuk membekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dakwah yang mumpuni.

2. Penerbitan Buku-Buku Keislaman: LPPD Khairu Ummah menerbitkan berbagai buku keislaman yang berkualitas untuk membantu umat Islam dalam mempelajari dan memahami agamanya.

3. Pelatihan Manajemen Masjid: LPPD Khairu Ummah memberikan pelatihan manajemen masjid kepada pengurus masjid agar mampu mengelola masjid dengan baik dan efektif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline