Lihat ke Halaman Asli

Vaksin Booster Kedua Berbayar? Begini Faktanya!

Diperbarui: 6 Juni 2023   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Beredar di media sosial Twitter sebuah cuitan seseorang yang mengatakan bahwa Vaksin booster ke 2 diharuskan membayar Rp. 100 ribu. 

Tengah ramai diperbincangkan di media sosial Twitter tentang cuitan seseorang yang mengatakan bahwa Vaksin booster kedua diharuskan membayar Rp. 100 ribu, hal ini sontak membuat warganet kebingungan dan bertanya-tanya apakah cuitan tersebut fakta atau tidak. 

Faktanya, bahwa Vaksin booster kedua ini gratis, hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi menjelaskan bahwa program vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua gratis dan dilakukan secara bertahap.

Kemenkes mengeluarkan kebijakan pemberian Vaksin booster kedua bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Vaksin booster tersebut gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Adapun untuk vaksinasi berbayar masih terus dikaji dan sifatnya vaksinasi pilihan. Kebijakan ini paling cepat akan diterapkan setelah masa transisi pandemi ke endemi berakhir.

Jadi dapat simpulkan bahwa cuitan tersebut itu salah atau tidak benar, faktanya Vaksin booster kedua ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa dipungut biaya sepeserpun. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline