Lihat ke Halaman Asli

Tria Indah S

Blogger Pemula

Sajian Praktis Saat Sahur

Diperbarui: 26 Mei 2018   21:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Femina | Sajian menu sahur yang praktis untuk sahur

Saaaaahurrr! Saaaaahur! *dung dung dung*

Memasuki waktu sahur, di tiap rumah menunjukan sedikit keramaian menyiapkan makanan dan minuman hangat untuk disajikan. Moment sahur yang cukup singkat membuat orang yang berpuasa tidak mau repot-repot untuk memasak. Paling tidak menu sahurnya dibuat sesimple mungkin.

Bangun sahur aja kan sudah luar biasa perjuangannya, ditambah harus ribet menyiapkannya. Makin males aja buat bangun, jadi memang harus diakali dalam menyingkapi menu sahur tiap harinya. Untuk mempermudah sahur jadi lebih praktis bisa dengan:

Merencanakan Menu. Sudah mengetahui menu makanan yang akan disajikan saat sahur. Mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan jadi bukan sekedar wacana. Bisa saat berbuka mengingat 'Enaknya makan apa ya buat sahur?' dengan begitu cukup memicu semangat untuk sahur.

Memilih metode masak secepat kilat. Memasak kurang lebih 10 menit bisa dengan membuat mie goreng / nasi goreng/ tumis-tumisan/ sup.

One Dish Meal. Pilihan sahur yang secepat kilat juga cukup dengan menghangatkannya atau langsung disantap karena sebelumnya sudah siap saji. Tidak ada salahnya mengkonsumsi lauk berbuka sore hari sebagai lauk yang sama.

Lauk Favorit Siap Goreng. Memiliki lauk makanan favorit seperti ayam/ikan dengan bumbu ungkep, tahu/tempe bacem, perkedel hingga daging berbumbu yang disiapkan saat waktu senggang, cukup dengan menyimpan dalam lemari es dan jadi penolong saat diburu waktu. Jika tidak sempat bisa membeli berbagai olahan frozen food.

Lauk Kering Tahan Lama. Lauk terbaik yang sangat praktis tidak perlu diolah apalagi dihangatkan, karena lauk kering bisa disimpan dalam waktu yang lama di suhu normal. Lauk kering bisa kering tempe, kering kentang, dendeng, hingga abon. Apalagi saat tak bisa memasak efek gas kompor habis, cukup dengan ambil nasi dan lengkapi dengan aneka sambal dan kecap.

Lauk Kemasan Instan. Bisa dijadikan alternatif ketika jenuh dengan semua masakan, tersedia lauk kemasan instan di berbagai minimarket, supermarket atau beli secara online seperti : sarden, tuna, kari ayam, semur daging sapi, opor ayam, ayam taliwang, rendang, gudeg, baso, rawon, semur jengkol, jamur garang asem, oseng mercon, seblak, batagor kuah. Banyak juga ternyata aneka lauk kemasan instan.


Praktis kan bisa diterapkan di hari-hari sahurmu, Makan sahur apa hari ini?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline