Lihat ke Halaman Asli

Triadi Anggoro

Guru Seni Budaya SMK

Manajemen sang Komposer

Diperbarui: 8 Oktober 2024   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai sobat artikel kompasiana! Semoga anda semua selalu diberi kesehatan dan tetap semangat dalam berliterasi. Pada kesempatan ini ada topik menarik yang perlu disimak sobat, yaitu " Manajemen Sang Komposer ". Sebelumnya mari pahami dulu penjelasan secara ilmiah.

Manajemen adalah suatu proses merencanakan, mengelola, mengatur, serta mengontrol berbagai sumber daya, termasuk manusia, keuangan, dan material, untuk mencapai tujuan organisasi. (Sumber : https://www.brainacademy.id/blog/pengertian-manajemen-unsur-dan-fungsinya)

Sang merupakan kata yang dipakai di depan nama orang, binatang, atau benda yang dianggap hidup atau dimuliakan. (Sumber : https://id.wiktionary.org/wiki/sang)

Komposer adalah orang yang menciptakan musik atau dulunya pemain musik yang terampil. (Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Composer)

Nah, sobat setelah memahami penjelasan di atas, maka berikutnya anda perlu mengetahui apa saja yang ada dalam manajemen sang komposer, di antaranya yaitu :

1. Proses penggalian ide atau gagasan dalam merumuskan konsep karya musik dan bentuk penyajian karya musik di arena atau  

    panggung spektakuler.

2. Pembagian tim beserta job description untuk melakukan controlling atau pengendalian pada realisasi karya musik dan pelaksanaan      pertunjukan karya musik di arena atau panggung spektakuler.

3. Pembuatan jadwal kegiatan untuk proses latihan-latihan dalam merapikan atau mengompakkan permainan musik sesuai konsep  

    karya musik yang di gagas dan proses persiapan pelaksanaan pertunjukan karya musik mulai dari penataan acara, peralatan,  

    panggung hingga area atau   tempat penonton untuk menyaksikan pertunjukan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline