Lihat ke Halaman Asli

Tria Amelia

Mahasiswi Sastra Indonesia

Kesalahan Iklan Media Luar Ruang pada KRL Commuter Line

Diperbarui: 19 November 2022   19:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Iklan Luar Ruang Sumber: Mediamove.id

Bahasa banyak digunakan sebagai alat dalam menyampaikan sesuatu yang bersifat informatif. Menurut Chaer (2009) bahasa merupakan sistem lambing bunyi yang arbitrer. Bahasa digunakan oleh angggota masayarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri. Bahasa sebagai lat untuk berkomunikasi merupakan suatu cara yang paling efektif untuk menyampaikan pikiran, maksud dan tujuan yang bersifat informatif kepada seseorang. 

Fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yaitu penyampaian makna oleh seseorang kepada orang lain. Selain itu, bahasa juga dapat berfungsi sebagai alat ekspresi diri. Melalui bahasa, kita dapat menunjukan sudut pandang dan pemahaman kita atas suatu hal seperti, pendidikankita, seajarah, bahkan sifat yang kita miliki. 

Bahasa juga dapat disebut sebagai alat pemersatu bangsa untuk mempersatukan budaya-budaya  yang ada di Indonesia yang beragam dengan bahasa yang beragam pula. Oleh karena itu, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa nasional.

Walaupun bahasa merupakan alat vyang digunakan dalam komunikasi, bahasa bukan hanya satu-satunya alat yang digunakan dalam berkomunikasi. Berbagai bentuk komunikasi yang bersifat informatif atau interaksi selain menggunakan bahasa lisan juga terdapat bahasa tulisan.  

Perkembangan teknologi informasi turut berpengaruh terhadap perkembangan bahasa. Dengan adanya teknologi, masyarakat Indonesia dapat memperkenalkan bahasa yang dimiliki melalui media sosial. Media sosial merupakan media yang digunakan seseorang dalam berinteraksi dan berkomunikasi. 

Dengan demikian, semakin majunya teknologi informasi yang jauh menjadi dekat serta yang dekat menjadi jauh. Hubuangan antara teknologi informasi dan komunikasi sangat erat karena teknologi informasi  merupakan sistem komunikasi yang dirancang khusus oleh manusia dengan tujuan mempermudah interaksi dan pertukaran informasi. Teknologi juga berperan untuk mempermudah aktifitas sosial.

Saat ini, bahasa digunakan  dalam media penyebaran informasi hingga pengetahuan. Seiring berkembangnya teknologi informasi yang pesat, ada berbagai platform media yang digunakan. Tidak hanya media konvensional yang lebih dulu eksis seperti media cetak, media massa elektronik hingga platform komunikasi lainnya. Namun kini berkembang merambah hingga media sosial serta banyak platform komunikasi lain yang memudahkan interaksi dan penyebaran informasi.  

Tidak hanya media sosial atau media massa kita dapat menjumpai bahsa dalam media luar ruang. Penggunaan bahasa pada media luar ruang menjadi faktor penyebab dalam pembuatan suatu promosi atau iklan. Santosa dalam (NE.Hapsari 2022) menyebutkan bahwa media luar ruang merupakan seluruh iklan yang bisa menjangkau konsumen yang sedang berada di luar rumah. 

Media seperti ini bertujuan untuk membujuk para konsumen yang berada di luar rumah hingga akhirnya menerima pesan yang disampaikan oleh media tersebut  dan terjadi transaksi. Media luar ruang biasanya atau sering terdapat pada fasilitas umun dan lingkungan umum. Contoh iklan media luar ruang yaitu; billboard, JPO (Jembatan Penyebrangan Orang), Spanduk, Kendaraan iklan, vidiotron, dan neon box.

Selain sebagai media iklan, media luar ruang tidak hanya sebagai media promosi tetapi juga digunakan sebagai sarana edukasi untuk masyarakat. Sejumlah iklan layanan masyarakat yang berisi nilai-nilai edukasi, sosial dan kemasyarakatan cukup efektif untuk memberikan informasi bila menggunakan media luar ruang tersebut. Media seperti ini, biasanya diletakan di tempat yang stategis dan kerap dilintasi oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline