Lihat ke Halaman Asli

PTK PJBL Agribisnis Tanaman

Diperbarui: 27 Februari 2024   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR AGRIBISNIS TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR SISWA KELAS X KONSENTRASI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA DI SMK NEGERI 1 LOSARANG

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATA PELAJARAN DASAR- DASAR AGRIBISNIS TANAMAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR SISWA KELAS X KONSENTRASI KEAHLIAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA DI SMK NEGERI 1 LOSARANG

TRI DODY YACHMAN S

SMK Negeri 1 Losarang

e-mail: dodyachman26@gmail,com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil  belajar siswa kelas X Konsentrasi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan Dan Hortikultura di SMK Negeri 1 Losarang pada materi pelajaran dasar-dasar agribisnis tanaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran project based  learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X ATPH berjumlah 29  siswa, dengan jumlah 26  orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembahasan dan data penelitian yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model project  based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Konsentrasi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura SMK Negeri 1 Losarang. Hal tersebut dibuktikan dari hasil yang diperoleh siswa dengan nilai ketuntasan pada pertemuan 1I mencapai 10,34 % terus mengalami peningkatan pada pertemuan II menjadi 79,31%. Hal ini menunjukan jumlah siswa yang tuntas telah melewati kriteria keberhasilan tindakan yang telah ditentukan sebesar 70%.

Kata Kunci: Hasil  Belajar, Model  Project Based Learning, Dasar-dasar Agribisnis Tanaman

ABSTRACT

This study aims to improve student achievement in class X Concentration of Agribusiness Skills in Food Crops and Horticulture at SMK Negeri 1 Losarang in the subject matter of the basics of plant agribusiness. This research is a classroom action research using the project based learning model. The subjects in this study were 29 students of class X ATPH, with 26 women and 3 men. Data collection techniques include observation sheets and tests. Based on the results of the discussion and research data that have been presented, it can be concluded that the application of the project based learning model can improve student achievement in class X Concentration of Agribusiness Expertise on Food Crops and Horticulture at SMK Negeri 1 Losarang. This is evidenced by the results obtained by students with completeness scores in the first meeting reaching 10.34% and continuing to increase in the second meeting to 79.31%. This shows that the number of students who have successfully passed the predetermined action success criteria is 70%.

Keywords: Learning Achievement, Project Based Learning, Fundamentals of Plant Agribusiness

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline