Lihat ke Halaman Asli

Proyek Kepemimpinan Pembuatan Pojok Baca di SDN Jatijajar 01

Diperbarui: 14 Maret 2023   15:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Membaca merupakan suatu kegiatan yang penting dalam proses belajar mengajar, karena membaca adalah kemampuan penyerapan suatu ilmu melalui teks atau bacaan. Kita dapat mengetahui suatu informasi dengan membaca, dan kita dapat menambah wawasan dan dapat berfikir secara kritis. Tanpa membaca, kita tidak bisa mengetahui apa yang terjadi di dunia, dan kita tidak dapat mengetahui ilmu-ilmu yang ada di dunia, maka dari itu membaca menjadi hal penting dalam pengetahuan dan belajar mengajar. Pada siswa SD budaya membaca perlu diadakannya proses pembiasaan. Pembiasaan itu sendiri merupakan proses membuat sesuatu yang menjadikan seseorang terbiasa, dalam kaitannya metode pengajaran dapat dikatakan bahwa pembiasaan adalah sebuah cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan siswa berfikir. Kebiasaan membutuhan kegigihan dari seorang pembimbing.

Trobosan baru demi meningkatkan minat membaca dengan adanya pojok baca. Pojok Baca adalah suatu kegiatan yang dilakukan siswa disetiap waktu luang disela-sela jam pelajaran untuk membaca buku yang telah tersedia dirak pojok kelas. Pojok baca ini juga berlaku sebagai perpustakan mini yang terdapat disetiap kelas. Fungsi dari adanya pojok baca itu sendiri yaitu untuk membiasakan siswa membaca buku. Selain itu juga sebagai salah satu program untuk membrantas kebodohan. Selain itu juga pojok baca berfungsi sebagai salah satu program untuk pengkondisikan siswa agar siswa tidak gaduh dikelas, setelah siswa selesai mengerjakan tugas yang diberikan guru maka sswa diperbolehkan membaca buku di daerah pojok baca sembari menunggu jam pelajaran selesai.

Oleh karena itu kami dari kelompok 2 yang terdiri dari 5 anggota mahasiswa PPG Prajabatan kelas C PGSD mengadakan pembuatan pojok baca di SDN Jatijajar 01 Kabupaten Semarang, pembuatan pojok baca dilakukan pada tanggal 15 Februari 2023 dan 16 Februari 2023, pada tanggal 15 Februari kami melakukan perijinan dengan kepala sekolah kemudian dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi pentingnya membaca kepada peserta didik dan pada tanggal 16 Februari dilanjutkan dengan pembuatan pojok baca yang dilaksakan di kelas V. Pojok baca di buat di bagian sudut ruang kelas V, dibuat semenarik mungkin dengan hiasan serta poster tentang pentingnya membaca diharapkan siswa tertarik. Dan untuk bukunya kelompok kami serta siswa kelas V memberikan buku nya untuk di taruh di pojok baca yang sudah dibuat.

Tindak lanjut kelompok 2 melakukan koordinasi dengan kepala sekolah dan guru kelas V untuk tetap melanjutkan proyek pembuatan pojok baca, diharapkan dengan adanya pojok baca literasi membaca di SDN Jatijajar bisa meningkat.


SEKIAN DAN TERIMAKASIH




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline