Menyusun Cerita Baik ( Best Praktice)
Menggunakan Metode Star ( Situasi Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak )
Terekait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.
Lokasi : SMA N 7 Surakarta
Lingkup Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Judul : Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Peserta didik dalam Berkarya Seni Ragam Hias Mandala Melalui Model Pembelajaran PJBL Berbantu Media Video Tutorial
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini yaitu: Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam berkarya seni ragam hias mandala.
Penulis Tri Irawati, S.Pd
Tanggal Rabu, 18 Januari 2023
Situasi : Kondisi yang menjadi latar belakang masalah mengapa praktik ini penting yaitu: Mengembangkan dan mengasah kekreativitasan peserta didik terutama dalam berkarya seni rupa adalah sangat penting, sehingga sangat perlu di kembangkan. Sementara Kondisi kreativitas siswa dalam berkarya ragam hias yang masih rendah, hal tersebut akibat dari pembelajaran guru yang masih monoton, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi dan kurangnya model pembelajaran yang inovatif yang diimplementasikan oleh guru di kelas saat pembelajaran, selain itu dipengaruhi pula oleh faktor pembelajaran peralihan masa PJJ ke PTM menyebabkan peserta didik kurang berkembang dalam kekreativitasannya dalam menuangkan ide gagasan.
Selama ini peserta didik biasanya hanya sebatas menggambar dengan mencontoh karya yang sudah ada atau dilihatnya tanpa mencoba mengembangkan ide kreativitasnya sendiri. Dengan kurangnya kreativitas dalam menuangkan ide gagasan sangat mempengaruhi hasil pembelajaran yang dicapai.