Lihat ke Halaman Asli

Jangan Asal Minum Antibiotik, 4 Obat Alternatif Ini Bisa Mengatasi Sakit Tenggorokan

Diperbarui: 27 Mei 2024   22:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Foto: Shutterstock)

Sakit tenggorokan emang bikin kita gak nyaman saat beraktivitas, rasanya kayak ada yang ngeganjel di bagian leher, bahkan sakit saat menelan. Kalau salah cara atasinya bisa gak sembuh-sembuh dalam beberapa pekan.

Pada dasarnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri yang disebut Streptococcus grup A. Virus ini biasanya jadi awal gejala penyakit yang ringan, seperti radang tenggorokan, flu, alergi, dan berbagai saluran pernapasan lainnya.

Gara-gara virus ini, kebanyakan orang langsung cari obat antibiotik yang beredar dipasaran. Padahal, menggunakan antibiotik yang sembarangan tentu bisa menyebabkan resistensi. 

Kalau udah sampai di tahap resistensi ini, penggunaan antibiotik gak akan bisa lagi sembuhkan infeksi ke depannya. Nah, biar gak bingung ada empat obat alternatif pilihan buat mengatasi sakit tenggorokan di bawah ini.

1. Dexamethason/metilprednisolon

Kamu bisa mengonsumsi obat Dexamethason/metilprednisolon saat terjadi sakit tenggorokan. Obat ini berguna untuk meredakan gejala peradangan, seperti bengkak atau rasa panas pada tenggorokan.

Kamu bisa minum 2-3 kali dalam sehari, kalau gejala radang sudah reda, langsung hentikan penggunaan obatnya ya.

2. Spray Antiseptik

Karena bekerja pada area mulut dan tenggorokan, spray antiseptik dapat mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Obat jenis ini banyak dijual di apotek, tapi biar lebih aman pilih yang ada kandungan Phenol Crystal.

3. Parasetamol/ibuprofen

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline